Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pameran Serat Alam SwarnaFest 2013 Digelar di Pulau Alor

Kementerian Perindutsrian akan mengadakan SwarnaFest 2013 di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur pada 21-22 November.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 14 November 2013  |  16:37 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindutsrian akan mengadakan SwarnaFest 2013 di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur pada 21-22 November.

Ajang itu untuk mengembangkan industri serat alam dan pewarnaan alam Indonesia yang sudah lama dilakukan masyarakat Indonesia untuk mendukung bahan baku industri kreatif bidang fesyen di Tanah Air.

SwarnaFest 2013 Alor akan mengangkat tema Pesona Serat dan Warna Alam.

“Indonesia mempunyai potensi yang besar akan serat alam dan pewarna alam, tapi belum dikembangkan,” kata Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah, Kamis (14/11/2013).

Euis mengatakan di Indonesia sudah terdapat tujuh jenis serat alam yang bisa dikembangkan untuk jadi kain seperti serat nenas, serat pisang, kapas, ulap doyo, bambu, rami, dan sutra yang ulang makan daun singkong.

Sementara itu, dari segi warna alam, katanya, Indonesia juga mempunyai potensi warna alam yang tidak hanya tumbuh di daratan saja, tapi juga di lautan.

Misalnya, Martha Tilaar di bidang kosmetika, Rosso desainer Yogyakarta untuk pewarnaan kain batik, Sriati dari Alor sudah mengumpulkan 101 warna alam, dan perancang mode Merdi Sihombing dengan warna indigo di Samosir. “Inovasi yang didasari oleh kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia inilah yang harus terus kita dukung bersama.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serat sintetis pameran
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top