Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FAO: Inilah 10 Negara Paling Berisiko Kekurangan Pangan

Food and Agriculture Organization (FAO) mengungkapkan sejumlah negara berkembang di Asia saat ini sedang dihadapkan pada ancaman ketidakcukupan pangan.

Bisnis.com, NUSA DUA, Bali—Food and Agriculture Organization (FAO) mengungkapkan sejumlah negara berkembang di Asia saat ini sedang dihadapkan pada ancaman ketidakcukupan pangan.

Sebanyak 10 negara yang paling berisiko mengalami ancaman kekurangan pangan yakni Timor Leste, Korea Utara, Laos, Srilanka, Mongolia, Pakistan, India, Bangladesh, Filipina, dan Nepal. Sementara itu, Indonesia berada di urutan ke-12.

Menurut data FAO, sepanjang 2011-2013 sekitar 38% dari total populasi penduduk Timor Leste berada dalam kondisi ketidakcukupan pangan, Korea Utara 32%, Laos 26%, Srilanka 23% dan Mongolia 21%. Khusus Indonesia, proporsi jumlah penduduk yang kurang makan berkisar 9% dari total populasi.

“Kondisi ini terkait erat dengan a.l. pertumbuhan populasi dan juga peningkatan pendapatan untuk menjangkau harga pangan yang terus naik,” ujar Policy Officer FAO Regional Office for Asia and Pacific Sumiter Singh Broca, Kamis (7/11/2013) dalam presentasinya pada konferensi tahunan International Fertilizer Industry Association (IFA) di Nusa Dua, Bali sejak 6 hingga 8 November.

Pada kesempatan itu, FAO kembali mengingatkan ancaman krisis pangan dunia yang kian nyata, terutama di negara berkembang, sehingga dibutuhkan upaya lebih serius untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Chamdan Purwoko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper