Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mentan Serahkan Pertanggungan Asuransi Ternak Sapi Rp757,5 Juta

Menteri Pertanian Suswono menyerahkan pertanggungan Asuransi Ternak Sapi (ATS) senilai Rp757,5 juta kepada tiga kelompok ternak sapi.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 31 Oktober 2013  |  14:42 WIB

Bisnis.com, PADANG - Menteri Pertanian Suswono menyerahkan pertanggungan Asuransi Ternak Sapi (ATS) senilai Rp757,5 juta kepada tiga kelompok ternak sapi.

Penyerahan pertanggungan asuransi tersebut dilakukan Mentan dalam rangkaian peringatan puncak acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 yang digelar di Padang, Sumatra Barat, Kamis.

Pertanggungan ATS tersebut diserahkan kepada Iskandar Gunawan dari kelompok ternak Warga Mulya Kabupaten Sleman, Yogyakarta senilai Rp345 juta, Suparno dari kelompok ternak Dewi Andini Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah senilai Rp312,5 juta.

Kemudian juga diserahkan kepada Ikhsan dari kelompok ternak Fadhilah Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat senilai Rp100 juta.

Dalam acara yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto tersebut, Mentan Suswono juga menyerahkan sejumlah kredit program yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp10 juta dari Bank Mandiri kepada Zulkifli dari Koto Tangah Padang.

Kemudian Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) dari Bank BRI senilai Rp95 juta kepada Awaluddin dari Kelompok Tani Desa Saruaso, Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumbar.

Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) dari Bank Nagari Sumbar senilai Rp500 juta kepada Mujiono dari Kelompok Tani Jaya Bali Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Darmasraya.

Sementara itu Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro di sela-sela HPS menyatakan, penyerahan pertanggunan asuransi ternak tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama Asuransi Peternakan Sapi antara Kementerian Pertanian dengan Bank Indonesia yang ditandatangani belum lama ini.

"Nilai pertanggungan ATS yang diserahkan saat ini untuk ternak sebanyak 225 ekor," ungkapnya.

Dia menyatakan setelah ini pihaknya telah menyiapkan pemberian pertanggungan asuransi peternakan sapi untuk Sumatera Barat bagi sebanyak 600 ekor sapi.

Selain itu, juga disiapkan untuk wilayah Jawa Timur dan Bali yang jumlah ternak dalam pertanggungan masih dilakukan pendataan.

Sementara itu dalam pidatonya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono antara lain menyatakan hasil kunjungannya di Balai Pembibitan Ternak Unggul Padang Mangatas, Sumbar.

Menurut Presiden, Balai Pembibitan Ternak yang memiliki luas 280 hektare dengan konsep penggembalaan tersebut memiliki potensi yang besar untuk memasok ternak di dalam negeri.

"(Balai pembibitan Padang Mangatas) Bisa menyumbang produksi sapi. Kebutuhan sapi yang semakin meningkat agar bisa dipenuhi dari negeri sendiri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementan ternak sapi asuransi ternak sapi hari pangan sedunia

Sumber : Antara

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top