Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Pengerjaan Fisik Jalan, Kementerian PU Segerakan Tender

Kementerian Pekerjaan Umum menyegerakan lelang paket penanganan jalan 2014 pada tahun ini, dalam rangka peningkatan kinerja penanganan jalan nasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum menyegerakan lelang paket penanganan jalan 2014 pada tahun ini, dalam rangka peningkatan kinerja penanganan jalan nasional.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III Bastian Sihombing mengatakan lelang awal tersebut akan dilakukan di empat Provinsi yakni Lampung, Bengkulu, Bangka, dan Sumatra Selatan.

“Dirjen Bina Marga minta segera lelang lebih cepat dibanding tahun lalu. November rencananya sudah dilakukan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/10/2013).

Dia menyampaikan nilai total paket penanganan jalan tahun anggaran 2014 yang akan dilelang awal oleh BBPJN Wilayah III lebih dari Rp200 miliar.

Paket pekerjaan yang dilelang tersebut didominasi oleh kontrak konsultan pengawasan dan kontrak konstruksi.

“Kedua jenis paket pekerjaan tersebut didahulukan karena memang proses pelelangannya membutuhkan waktu lebih lama,” jelasnya.

Bastian menyampaikan pelelangan lebih cepat sudah dilakukan Ditjen Bina Marga dalam beberapa tahun belakangan sebagai upaya menghapus citra penanganan jalan yang hanya dilakukan mendekati Lebaran.

Apalagi, sambungnya, peringatan Hari Raya Idul Fitri sendiri setiap tahunnya semakin maju, sehingga memperpendek masa kerja Ditjen Bina Marga di lapangan.

Selain itu, untuk pempercepat pelaksanaan proses pelelangan anggaran 2014, balai menambah jumlah panitia lelang.

Bila pada tahun sebelumnya, satu Satuan Kerja (Satker) hanya ditangani satu panitia lelang, maka saat ini satu Satker memiliki dua panitia lelang.

“Beban mereka harus saya kurangi dengan cara mendistribusikannya. Dengan cara ini diharapkan proses pelelangan akan berjalan lebih cepat dan efisien,” jelasnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper