Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor perhotelan khususnya di kawasan Jakarta akan mengalami peningkatan okupansi pada 2014, akibat banyaknya kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) yang digelar.

Associate Director Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan kegiatan MICE akan terus terjadi, dan semakin gencar dilakukan saat pemilihan umum berlangsung.

“Okupansi untuk hotel bintang 4 dan 5 akan mengalami peningkatan okupansi mencapai 80% lebih. Sebelumnya kan okupansi rata-rata hotel bintang 4 dan 5 sekitar 60% atau paling tinggi 70%,” paparnya di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Sampai akhir 2013, jelasnya, tingkat hunian dari pasar hotel di Jakarta diperkirakan mencapai 73%, di mana sekitar 60% tamu hotel bintang 3, 4, dan 5 merupakan kombinasi kegiatan MICE, pelancong bisnis baik domestik maupun institusi pemerintah.

“Dengan adanya kenaikan jumlah tamu dengan durasi tinggal pendek atau menengah selama masa pemilu, pasar hotel 2014 akan terus tumbuh positif,” ujarnya.

Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia David Cheadle menilai kecenderung yang terjadi akibat Pemilu hanya akan memberikan guncangan sementara waktu pada pasar properti secara keseluruhan.

Menurutnya, sebagian besar pengusaha memilih mengambil sikap wait and see, sebagian lainnya tetap menjalankan bisnis seperti biasa, dan sebagian lagi memanfaatkan pemilu sebagai peluang untuk tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper