Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia dan Hongaria Jalin Kerja Sama Air Minum dan Sanitasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Hongaria menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama bidang air minum dan sanitasi. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Menteri Pengembangan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Hongaria menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama bidang air minum dan sanitasi.

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Menteri Pengembangan Perdesaan Hungaria Sandor Fazekas, usai pembukaan Budapest Water Summit oleh Presiden Hungaria Janos Ader dan Sekjen PBB Ban Ki-moon, di Hungaria, Selasa 8 Oktober 2013 waktu setempat.

Djoko menjelaskan tujuan dari kerja sama tersebut ialah untuk memperkuat kemampuan teknologi dan manajemen masing-masing pihak di bidang pengelolaan air minum dan sanitasi, serta dalam upaya memperkuat, meningkatkan, dan mengembangkan hubungan bilateral atas dasar prinsip kesetaraan, resiprositas dan saling menguntungkan.

“Kami mendorong peningkatan kerja sama di bidang efisiensi energi dan penggunaan bahan kimia dalam pengolahan air minum, inovasi teknologi, serta pengurangan tingkat kebocoran,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10).

Untuk di bidang sanitasi, tambah Djoko, perlu dilakukan kerja sama di bidang pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), saluran pembuangan air limbah, serta teknologi pemanfaatan kembali air imbah (daur ulang).

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Cipta Karya Imam S. Ernawi menambahkan dengan penandatanganan MoU tersebut diharapkan tercapai kerja sama dan terobosan-terobosan dalam menyelesaikan masalah air  minum dan sanitasi, terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“MoU ini akan berlaku untuk 5 tahun ke depan dan dapat dievaluasi kembali efektivitasnya, dan bila perlu dapat diperpanjang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper