Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ADB Siap Gelontorkan Tambahan Dana Siaga ke Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Asia Development Bank siap menambah dana siaga yang bisa dipergunakan Pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi krisis finansial.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 03 Oktober 2013  |  20:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Asia Development Bank siap menambah dana siaga yang bisa dipergunakan Pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi krisis finansial.

Presiden ADB Presiden Asia Development Bank Takehiko Nakao menyatakan ADB bersedia memberi dana bantuan krisis jika Pemerintah Indonesia membutuhkan.

Bantuan tersebut, lanjutnya, bisa diberikan dalam bentuk pinjaman siaga (standby loan) atau modal perdagangan (trade financing). "ADB siap mendukung [pemerintah Indonesia] dalam bentuk-bentuk tersebut, jika diperlukan," kata Nakao usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (3/10/2013).

ADB saat ini telah mengalokasikan dana senilai US$500 juta dalam bentuk standby loan untuk Indonesia. Total dana siaga Indonesia saat ini mencapai US$5 miliar.

Selain ADB, pemerintah memperoleh dana siaga dari Australia senilai US$1 miliar, program Perisai Bank Dunia sebesar US$2 miliar, dan JICA senilai US$1,5 miliar.

Namun, Naoko menegaskan dana siaga tersebut tidak akan mampu meredam gejolak pasar finansial tanpa dukungan kebijakan lain. "Kecuali pemerintah mengirimkan sinyal tegas tentang potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan meneruskan kebijakan ekonomi yang kokoh," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krisis ADB
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top