Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerjasama Bisnis RI-China Bisa capai US$32,8 miliar

  Bisnis.com, JAKARTA- Sekitar 23 perjanjian joint agreement antara Indonesia dan China yang akan ditandatangani pada 3 Oktober 2013 diperkirakan mampu meningkatkan nilai kerjasama bisnis kedua negara hingga US$32,8 miliar. Dari nilai tersebut,

  Bisnis.com, JAKARTA- Sekitar 23 perjanjian joint agreement antara Indonesia dan China yang akan ditandatangani pada 3 Oktober 2013 diperkirakan mampu meningkatkan nilai kerjasama bisnis kedua negara hingga US$32,8 miliar. Dari nilai tersebut, 60% akan diperoleh dari kerjasama bidang manufaktur.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan pihaknya bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia dan Kementerian Industri Komersial Tiongkok akan menyelenggarakan forum bisnis antara Indonesia-China, berkaitan dengan kedatangan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping ke Indonesia.

 Menurutnya, kedua negara sepakat akan bekerja sama meningkatkan kerja sama bisnis di bidang mineral (down stream), pulp and paper, telekomunikasi, sektor perumahan, perkeretaapian, transportasi, infrastruktur, semen, kawasan industri, dan Bandung dan Jakarta Monorail.

 “Dari total 23 perjanjian, ada 9 joint agreement di sektor mineral, mulai dari nikel, aluminium, iron ore, bauksit, dan sebagainya. Ini untuk mengembangkan sisi hulu sehingga nanti hasilnya bisa dieskpor juga, kan membantu defisit perdagangan juga,” kata Hidayat dalam konferensi pers Indonesia-China Business Luncheon di Kantor Kemenperin, Selasa (1/10/2013).

Hidayat menjelaskan  barang dari sektor mineral tambang tersebut akan menjadi andalan Indonesia dari sisi ekspor ke China. Oleh sebab itu, dari 23 joint agreement, didominasi oleh sektor mineral tambang. Disusul oleh kerjasama di sektor kawasan industri, yakni 3 joint agreement.  

Secara tidak langsung, lanjutnya, untuk sektor mineral, China akan memindahkan sebagian industrinya untuk mengolah bahan baku di Indonesia yang kemudian bisa diekspor lagi ke China.

“Di China ada teknologi baru, yaitu gasifikasi batu bara low rank calori 4.500 menjadi polipropilena, pabriknya besar sekali. Saya sedang mendesak untuk cepat masuk ke Indonesia, partnernya dengan Mochtar Riyadi,” kata Hidayat.

 Selain itu, ada juga rencana kerjasama Group Sinar Mas dengan China Development Bank di bidang pulp and paper di Sumatera selatan. Kemudian, PT Indika Energy yang akan turut serta membangun infrastruktur di Papua dan Kalimantan Tengah.

“Itu rencana yang besar-besar. Kalau nama perusahaannya saya belum mau memberi tahu, nanti ketika acaranya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper