Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waduh, Kenaikan Tarif Harian Hotel di Jakarta Termahal se-Asia Pasifik

Bisnis.com, JAKARTA - Tarif rata-rata harian (average daily rate/ADR) hotel di Jakarta selama Agustus 2013 tercatat Rp1,09 juta, naik hingga 19% dibandingkan dengan periode yang sama 2012.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 28 September 2013  |  11:12 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tarif rata-rata harian (average daily rate/ADR) hotel di Jakarta selama Agustus 2013 tercatat Rp1,09 juta, naik hingga 19% dibandingkan dengan periode yang sama 2012.

Kenaikan tarif rata-rata tarif harian di Jakarta itu tertinggi di kawasan Asia Pasifik, melampaui Malaysia dan Jepang.

Kenaikan tarif rata-rata harian itu mendorong tingkat pendapatan per kamar (Revenue Per Available Room/RevPAR) hotel di Jakarta pada periode yang sama.

Sampai dengan Agustus 2013, pendapatan per kamar rata-rata hotel di Jakarta tercatat US$58,48 (setara Rp650.000) atau naik 17,7% dibandingkan dengan periode yang sama 2012.

Data lembaga survei perhotelan, STR Global mencatat hotel di kawasan Jakarta mencatat kenaikan pendapatan per unit kamar tertinggi ketiga, setelah Kuala Lumpur-Malaysia dan Bangkok-Thailand untuk kawasan Asia Pasifik.

Managing Director STR Global Elizabeth Winkle mengatakan kencangnya pertumbuhan pendapatan kamar hotel itu ditopang oleh kegiatan Ramadan dan Lebaran yang berlangsung pada Juli-Agusrus 2013.

"Perkembangan pasar di Malaysia dan Indonesia cukup kuat sepanjang Agustus 2013, karena adanya Ramadan. Jakarta dan Kuala Lumpur mampu tumbuh double digit dari sisi pendapatan tiap kamar yang tersedia jika dihitung dalam mata uang dolar," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/9/2013).

Lembaga itu juga mencatat hotel di Indonesia, terutama di Jakarta dan Bali termasuk yang paling gencar menambah jumlah kamar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel hotel jakarta kenaikan tarif tarif hotel
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top