Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

South Tower TB Simatupang Dikembangkan Tahun Depan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menyelesaikan pembangunan gedung perkantoran Mid Tower di TB Simatupang (Jakarta Selatan), PT Sumber Mesin Raya memastikan akan kembali melanjutkan pembangunan tower kedua South Tower pada semester pertama 2014.Seperti diketahui,

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menyelesaikan pembangunan gedung perkantoran Mid Tower di TB Simatupang (Jakarta Selatan), PT Sumber Mesin Raya memastikan akan kembali melanjutkan pembangunan tower kedua South Tower pada semester pertama 2014.

Seperti diketahui, Mid Tower ini merupakan bagian dari rencana pengembangan satu kawasan seluas 3 ha bertajuk The Manhattan Square. Dalam rencana, kompleks tersebut akan dikembangkan tiga menara perkantoran, satu hotel, dan area ritel yang menghubungkan setiap gedung.

Komisaris Utama PT Sumber Mesin Raya Darta Chandra mengatakan untuk menyelesaikan keseluruhan pembangunan The Manhattan Square dibutuhkan waktu 4 sampai 5 tahun lagi.

“Mid Tower diperkirakan rampung pada Desember 2013. Proses perijinan untuk South Tower sudah dilakukan dan pembangunan diharapkan akan dilakukan tahun depan. Setelah rampung, akan dilanjutkan pada North Tower dan hotel,” katanya saat melakukan Topping Off  Mid Tower di Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Dia mengatakan tengah menyiapkan proses akuisisi lahan untuk penambahan lahan baru dalam pengembangan The Manhattan Square. Pihaknya berencana akan membangun North Tower lebih besar dari rencana awal.

“Untuk biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan Mid Tower diperkirakan mencapai Rp350 miliar. Pembangunan Sorth Tower akan memiliki desain serupa dengan Mid Tower, tapi pasti ada kenaikan biaya konstruksi. Masih dihitung,” paparnya.

Untuk diketahui, Mid Tower merupakan bangunan seluas 40.000 m2 dengan ketinggian 28 lantai. Secara lebih rinci, separuh atau 20.000 m2 dari luas bangunan tersebut akan dijual, dan sisanya akan disewakan.

Darta mengatakan pilihan tersebut sengaja diambil oleh perusahaan untuk memperoleh pendapatan berkelanjutan. Selain itu, sambungnya, proses pengelolaan gedung akan lebih mudah jika pengembang masih mempunyai hak milik.

Adapun harga jual ruang perkantoran tersebut adalah Rp23 juta/m2. Harga tersebut sudah mengalami kenaikan sekitar 35% sejak ground breaking pada Januari 2012. Tarif sewa di luar service charge adalah Rp200.000/m2/bulan, yang mengalami kenaikan dari Rp170.000/m2 per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper