Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Integrasi Perkebunan Sawit-Peternakan Sapi Sangat Menguntungkan

Bisnis.com,JAKARTA - Pemerintah bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara VI sedang mengembangkan inovasi pengintegrasian perkebunan kelapa sawit dengan peternakan sapi.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 31 Agustus 2013  |  18:43 WIB

Bisnis.com,JAKARTA - Pemerintah bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara VI sedang mengembangkan inovasi pengintegrasian perkebunan kelapa sawit dengan peternakan sapi.

Dari proyek itu limbah yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit akan diolah menjadi pakan ternak sapi.

Direktur Utama PTPN VI Iskandar Sulaiman mengatakan potensi yang dapat dihasilkan jika program ini berjalan, akan ada potensi peternakan sapi sebanyak 18 juta ekor. 

“Idealnya satu hektare lahan sawit dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan 2 ekor sapi. Kalau lahan sawit yang ada saat ini sebanyak 9 juta hektare, maka potensinya ada 18 juta ekor sapi yang dapat diternakkan dengan cara ini,” katanya, Sabtu (31/8/2013).

Dia optimistis pelaku usaha kelapa sawit akan tertarik karena cara ini juga akan mengurangi limbah yang dihasilkan perkebunannya dan nantinya kotoran yang dihasilkan oleh sapi tersebut dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

“Keunggulan ini adalah zero waste, kalau ini berhasil pasti semua pelaku usaha sawit akan tertarik untuk menerapkannya. Selan itu, limbah kotoran sapi dapat digunakan untuk pupuk tanaman,” tuturnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan kelapa sawit peternakan sapi inovasi perkebunan integrasi sawit-sapi
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top