Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Properti: Apa Itu Drainase?

Bisnis.com, JAKARTA--Dalam pembangunan kawasan perumahan, perdagangan ataupun pusat-pusat keramaian lainnya, masalah drainase menjadi perhatian penting yang tak bisa diremehkan. Banyak proyek yang tersendat atau terhambat kelanjutan pembangunannya lantaran

Bisnis.com, JAKARTA--Dalam pembangunan kawasan perumahan, perdagangan ataupun pusat-pusat keramaian lainnya, masalah drainase menjadi perhatian penting yang tak bisa diremehkan.

Banyak proyek yang tersendat atau terhambat kelanjutan pembangunannya lantaran sistem dan perencanaan drainase yang tidak matang dan mengabaikan sejumlah persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi sebelumnya.

Lantas apa arti dari istilah drainase itu sendiri?

Berdasarkan definisi yang dirumuskan Kementerian Perumahan Rakyat misalnya, drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan air permukaan ke badan air atau ke bangunan resapan buatan.
     
Menyangkut Drainase kawasan berarti prasarana drainase berupa saluran atau sungai atau saluran buatan yang berada di dalam kawasan perumahan yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan ke badan air dan atau ke bangunan resapan buatan.

Dengan begitu kelebihan pasokan air yang mengalir di kawasan bersangkutan tidak mengganggu masyarakat dan dapat memberi manfaat bagi berbagai kepentingan lain yang lebih luas. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper