Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penumpang SQ naik menjadi 1,6 juta pada Juli

Bisnis.com, JAKARTA - Singapore Airlines mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,4% atas seluruh sistem angkutan selama Juli tahun ini dari periode yang sama tahun lalu dan kapasitas maskapai juga bertumbuh 3,9%.
M. Tahir Saleh
M. Tahir Saleh - Bisnis.com 19 Agustus 2013  |  15:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Singapore Airlines mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,4% atas seluruh sistem angkutan selama Juli tahun ini dari periode yang sama tahun lalu dan kapasitas maskapai juga bertumbuh 3,9%.

Public Relations Manager Singapore Airlines Glory Henriette mengatakan raihan pertumbuhan year-on-year 4,4% pada seluruh sistem angkutan penumpang itu diukur dalam kilometer pendapatan penumpang, sedangkan kapasitas maskapai yang diukur dalam kilometer kursi yang tersedia bertumbuh 3,9%.

“Oleh karena itu, tingkat isian penumpang atau passengers load factor-PLF meningkat 0,3 poin persentase menjadi 80,8%. Jumlah penumpang yang diangkut naik 3,7% menjadi 1,6 juta penumpang,” katanya dalam siaran pers, Senin (19/8/2013).

Tingginya tingkat isian penumpang dipengaruhi oleh puncak musim panas. Namun di sisi lain, rute-rute di Asia Barat dan Afrika turun karena pergeseran periode Ramadan.

“Lingkungan operasi tetap menantang dan upaya-upaya untuk merangsang permintaan guna meningkatkan tingkat isian penumpang diperkirakan tetap menekan pendapatan per penumpang.”

Adapun pada SilkAir, anak usaha perseroan, jumlah penumpang yang diangkut secara keseluruhan naik 6,1% secara year on year pada Juli dibandingkan dengan pertumbuhan kapasitas 13,4%.

Akibatnya, tingkat isian penumpang turun 4,9 poin menjadi 70,1%. Tingkat isian penumpang di rute-rute Asia Timur dan Pasifik juga turun karena pertumbuhan lalu lintas penumpang tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas.

Selain itu rute-rute Asia Barat juga mencatatkan penurunan tingkat isian karena angkutan penumpang sedikit turun dari periode yang sama tahun lalu meski kapasitas meningkat.

Dari sisi lalu lintas kargo secara keseluruhan yang diukur dalam angkutan ton kilometer terjadi penurunan 9,1% year on year pada Juli lalu, sedangkan kapasitas kargo juga turun 6,7%. Kondisi itu menyebabkan persentase tingkat isian kargo (cargo load factor–CLF) turun 1,5 poin.

Tingkat isian kargo lebih rendah untuk semua wilayah kecuali Asia Timur dan Eropa mengingat perubahan kapasitas yang sesuai dengan permintaan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapore airlines silkair gloria henriette passenger load factor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top