Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Kementerian dan Lembaga Negara dengan Anggaran Terbesar

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah berkomitmen mengalokasikan anggaran belanja di atas Rp30 triliun kepada tujuh kementerian negara dan lembaga. Dalam pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas Rancangan UU tentang RAPBN Tahun Anggaran 2014 beserta

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah berkomitmen mengalokasikan anggaran belanja di atas Rp30 triliun kepada tujuh kementerian negara dan lembaga. 

Dalam pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas Rancangan UU tentang RAPBN Tahun Anggaran 2014 beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR MPR, Jumat (16/8), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan ketujuh instansi itu adalah Kementerian Pertahanan Rp83,4 triliun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp82,7 triliun. 

Selanjutnya Kementerian Pekerjaan Umum dengan anggaran Rp74,9 triliun, Kementerian Agama Rp49,6 triliun, Kementerian Kesehatan Rp44,9 triliun, Kepolisian Negara Republik Indonesia Rp41,5 triliun, serta Kementerian Perhubungan Rp39,2 triliun. 

"Alokasi anggaran pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama diarahkan untuk meningkatkan mutu, akses dan pemerataan pelayanan pendidikan," ujarnya. 

Sementara itu, anggaran Kementerian Kesehatan diprioritaskan untuk meningkatkan akses dan kualitas kesehatan. Salah satunya dengan membangun lebih banyak Puskesmas di daerah terpencil dan perbatasan. 

SBY melanjutkan dari segi pertahanan, pemerintah bakal memodernisasi alat utama sistem persenjataan alias alutsista negara.

"Anggaran juga kita sediakan untuk memenuhi fasilitas, sarana dan prasarana, serta peralatan Polri, untuk meningkatkan kemampuan pengamanan di daerah," paparnya.

INILAH PIDATO LENGKAP SBY TENTANG RAPBN 2014

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper