Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kamus Ekonomi: Apa Arti Neraca Perdagangan

Bisnis.com, JAKARTA - Neraca perdagangan (balance of trade)  istilah yang dipakai  guna menjelaskan perbedaan antara nilai moneter dan ekspor serta  impor. Neraca perdagangan kerap  disebut dengan ekspor netto. Neraca perdagangan
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 09 Agustus 2013  |  03:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Neraca perdagangan (balance of trade)  istilah yang dipakai  guna menjelaskan perbedaan antara nilai moneter dan ekspor serta  impor. Neraca perdagangan kerap  disebut dengan ekspor netto. Neraca perdagangan yang positif berarti negara tersebut mengalami ekspor yang nilai moneternya melebihi impor, dan biasa disebut surplus perdagangan.

Sementara itu jika neraca perdagangan menunjukkan kondisi negatif artinya nilai moneter impor melebihi ekspor, dan disebut sebagai defisit perdagangan.  Neraca perdagangan secara ringkas dapat diartikan  perbandingan jumlah ekspor – impor suatu negara dengan satu negara yang lain.

Jumlah Ekspor Indonesia ke Malaysia pada 2008  mencapai US$7,55 miliar, angka itu lebih tinggi 25,86% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$ 6,28 miliar. Pada kuartal I/2009 jumlah ekspor Indonesia ke Malaysia turun 11,13% dibanding  2008 pada kuartal yang sama dari US$3,27 miliar menjadi US$2,90 miliar.

Jumlah impor Indonesia dari Malaysia  2008 mencapai US$6,48 miliar atau mengalami peningkatan 31,25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$5,22 miliar. Pada Kuartal I/2009 jumlah impor Indonesia dari Malaysia mengalami penurunan 20,81% dibanding  2008 periode yang sama dari US$ 2,81 miliar menjadi US$ 2,22 miliar.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Neraca Perdagangan ekspor impor perdagangan
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top