Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Ekonomi: Apa Arti Neraca Perdagangan

Bisnis.com, JAKARTA - Neraca perdagangan (balance of trade)  istilah yang dipakai  guna menjelaskan perbedaan antara nilai moneter dan ekspor serta  impor. Neraca perdagangan kerap  disebut dengan ekspor netto. Neraca perdagangan

Bisnis.com, JAKARTA - Neraca perdagangan (balance of trade)  istilah yang dipakai  guna menjelaskan perbedaan antara nilai moneter dan ekspor serta  impor. Neraca perdagangan kerap  disebut dengan ekspor netto. Neraca perdagangan yang positif berarti negara tersebut mengalami ekspor yang nilai moneternya melebihi impor, dan biasa disebut surplus perdagangan.

Sementara itu jika neraca perdagangan menunjukkan kondisi negatif artinya nilai moneter impor melebihi ekspor, dan disebut sebagai defisit perdagangan.  Neraca perdagangan secara ringkas dapat diartikan  perbandingan jumlah ekspor – impor suatu negara dengan satu negara yang lain.

Jumlah Ekspor Indonesia ke Malaysia pada 2008  mencapai US$7,55 miliar, angka itu lebih tinggi 25,86% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$ 6,28 miliar. Pada kuartal I/2009 jumlah ekspor Indonesia ke Malaysia turun 11,13% dibanding  2008 pada kuartal yang sama dari US$3,27 miliar menjadi US$2,90 miliar.

Jumlah impor Indonesia dari Malaysia  2008 mencapai US$6,48 miliar atau mengalami peningkatan 31,25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$5,22 miliar. Pada Kuartal I/2009 jumlah impor Indonesia dari Malaysia mengalami penurunan 20,81% dibanding  2008 periode yang sama dari US$ 2,81 miliar menjadi US$ 2,22 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper