Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif KRL Turun pada 1 September

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub merevisi turun tarif kereta api listrik (KRL) jarak menengah dan jauh yang direncanakan bakal diberlakukan secara efektif pada 1 September 2013. Hanggoro B. Wiryawan, Direktur Lalu Lintas

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub merevisi turun tarif kereta api listrik (KRL) jarak menengah dan jauh yang direncanakan bakal diberlakukan secara efektif pada 1 September 2013.

Hanggoro B. Wiryawan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, mengemukakan penurunan tarif tersebut dilakukan seiring dengan penyelenggaraan Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah.

"Secara resmi akan diberlakukan 1 September nanti. Sebenarnya bisa dilakukan pada Agustus, tapi seluruh tiket sudah terjual habis untuk bulan Agustus, sehingga penurunan tarif baru dilakukan September," ujarnya, Selasa (30/7/2013).

Dia menambahkan, persentase penurunan tarif tersebut berkisar antara 30% hingga 50% yang disesuaikan dengan jarah tempuh KRL.

Menurutnya, dana PSO yang yang dikucurkan pemerintah untuk mendukung penurunan tarif KRL sebesar Rp352 miliar yang diperuntukkan sebagai kompensasi BBM dan subsidi KRL.

Kendati demikian, tarif KRL itu kembali berpotensi naik jika kontrak PSO berakhir pada 1 Desember untuk wilayah Jabotabek dan 30 November untuk rute KRL di luar Jabotabek.

"Ini tergantung dari pencairan PSO, apakah disetujui untuk diperpanjang atau tidak nantinya akan mempengaruhi naik atau turunnya tarif KRL. Tapi, kita berharap tetap ada (PSO) agar penumpang tidak terlalu terbebani," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper