Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran: Pelabuhan Merak Masih Normal

Bisnis.com, MERAK--Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni menjelang Lebaran 2013 relatif normal dan tidak telihat lonjakan penumpang pejalan kaki maupun antrean kendaraan di dermaga pelabuhan."Kami memperkirakan lonjakan mudik Lebaran pada H-3," kata

Bisnis.com, MERAK--Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni menjelang Lebaran 2013 relatif normal dan tidak telihat lonjakan penumpang pejalan kaki maupun antrean kendaraan di dermaga pelabuhan.

"Kami memperkirakan lonjakan mudik Lebaran pada H-3," kata Humas PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo kepada Antara, Selasa (30/7/2013).

Penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan masih stabil dan kendaraan pribadi tampak sepi, begitu juga arus kendaraan pemudik yang ada di Dermaga I, II, III dan IV Pelabuhan Merak berjalan lancar.

Meskipun Dermaga V tidak difungsikan akibat roboh jembatan tersebut, tetapi arus kendaraan tidak ada masalah.

"Seluruh penumpang dan kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Ia menyebutkan, PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal "roll on roll off" atau "roro", sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan.

Bahkan, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Merak bisa 40 menit diberangkatkan penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi lonjakan pemudik yang hendak ke Pulau Sumatera itu," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya memperkirakan mobil pribadi yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni mencapai 2.300 unit, sedangkan jumlah penumpang pejalan kaki sekitar 1.200 orang.

Dengan begitu, kata dia, Pelabuhan Merak masih normal dan belum terlihat lonjakan arus pemudik.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan agar mereka lancar dan selamat hingga tujuan," katanya.

Menurut dia, selama ini cuaca Perairan Selat Sunda relatif baik dan kedatangan kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak tepat waktu.

Cuaca baik ini, ujar dia, tentu berdampak positif terhadap keselamtan penumpang.

"Kita berharap arus mudik lebaran 2013 aman, kondusif dan selamat," ujarnya.

Pantauan menunjukkan, ratusan kendaraan pribadi antre di Dermaga II Pelabuhan Merak dengan tertib dan secara bergiliran mereka naik ke atas kapal roro untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Kami hanya butuh waktu 40 menit bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Yulianto, seorang sopir pribadi yang hendak menuju Jambi.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper