Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Daging Sapi Tembus Rp110.000 Per Kilogram

Bisnis.com, CIANJUR - Selang satu pekan masuknya bulan Puasa, harga daging sapi di di sejumlah pasar tradisional dan modern di Cianjur, Jabar, merangkak naik hingga Rp110.000  per kilogram.Kenaikan harga tersebut diperkirakan pedagang akan terus

Bisnis.com, CIANJUR - Selang satu pekan masuknya bulan Puasa, harga daging sapi di di sejumlah pasar tradisional dan modern di Cianjur, Jabar, merangkak naik hingga Rp110.000  per kilogram.

Kenaikan harga tersebut diperkirakan pedagang akan terus merangkak hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain tingginya pemakaian, kenaikan harga dipicu dengan mahalnya biaya transportasi dampak dari kenaikan BBM.

"Seminggu sebelumnya harga daging sapi sudah mulai merangkak naik, dari Rp70.000 per kilogram, minggu ini dihargai Rp110.000  per kilogram. Harga akan kembali naik menjelang Lebaran nanti," kata Daud salah seorang pedagang di Pasar Induk Cianjur, Senin (15/7/2013).

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan selama puasa hingga menjelang Lebaran, pihaknya mengandalkan sapi lokal yang dipotong di beberapa rumah pemotongan di Cianjur dan Cipanas.

Sehingga pihaknya menjamin kebutuhan daging sapi untuk wilayah Cianjur, hingga lebaran nanti aman dan memadai, tidak seperti wilayah lain yang sempat kesulitan mendapatkan pasokan.

"Untuk pasokan insyaallah, cukup sampai lebaran nanti karena selama ini pedagang di semua pasar yang ada di Cianjur, mendapat pasokan dari beberapa rumah pemotogan hewan yang ada di Cianjur, bukan dari luar," tandasnya.

Sementara itu, kenaikan harga kembali terjadi pada daging ayam yang sebelumnya dijual Rp35.000  merangkak naik menjadi Rp38.000  per kilogram. Kenaikan harga tersebut, diperkirakan setiap minggunya akan kembali terjadi.

"Sudah dua pekan ini, harga daging ayam terus merangkak naik. Kalau melihat pasokan saya rasa cukup banyak mungkin karena biaya transportasi yang mahal menyebabkan harag daging ayam terus naik," kata Saeful pedagang daging ayam di Pasar Muka-Ramaya, Cianjur.

Meskipun terus mengalami kenaikan, tambah dia, tingkat penjualan terus meningkat karena tingginya kebutuhan masyarakat selama bulan Puasa. Satu hari dia dapat menjual 100-150 ekor ayam. (Antara)

Baca: Harga Daging Melambung, Mentan Harus Tangung Jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper