Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Impor Teh Indonesia Melejit

  BISNIS.COM, JAKARTA – Meski Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah untuk usaha pertanian, impor teh ternyata terus menunjukkan peningkatan. Bahkan pada tahun lalu tercatat mengalami lonjakan.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 02 Juli 2013  |  06:00 WIB

  BISNIS.COM, JAKARTA – Meski Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah untuk usaha pertanian, impor teh ternyata terus menunjukkan peningkatan. Bahkan pada tahun lalu tercatat mengalami lonjakan.

Mengutip Indikator Makro Sektor Pertanian, yang diterbitkan Kementerian Pertanian, impor teh Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai 29.584 ton atau senilai US$39,5 juta. Dibandingkan dengan volume impor tahun sebelumnya, impor teh Indonesia melonjak 49,74%.

Berdasarkan data BPS, volume impor Indonesia pada 2011 tercatat 19.812 ton atau senilai US$27,32 juta. BPS juga menunjukkan tren kenaikan impor bahan minuman yang bisa menyegarkan suasana hati ini sejak 5 tahun terakhir.

Impor teh Indonesia didominasi oleh jenis teh hitan yang mencapai 75%, sedangkan sisanya merupakan teh hijau. Berdasarkan kode HS (harmony system), impor teh indonesia dikelompokkan menjadi beberapa jenis, di antaranya other black tea (fermented) yang mendominasi impor.

Teh hitam adalah teh yang telah mengalami proses oksidasi enzimatis atau proses pengeraman dalam pengolahannya. Teh hitam tidak mengandung unsur-unsur lain di luar pucuk teh.

Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi enzimatis atau proses pengeraman dalam pengolahannya. Teh hijau bau daunnya tidak hilang, karena tidak mengalami proses oksidasi enzimatis, sehingga harus ditambahkan wangi-wangian dari pohon selain teh, seperti bunga melati.

Impor Teh Indonesia

Green tea (not fermented), in packing 3 kg, leaf

0,01 %

Green tea (not fermented), in packing 3 kg, other

 0,21 %

Green tea (not fermented), in packing 3 kg, dust

19,23 %

Green tea (not fermented), in packing 3 kg, other than leaf

2,91 %

Black tea (fermented), in packing 3 kg  

0,23 %

Black tea (fermented), in packing 3 kg other than dust

38,72 %

Black tea (fermented), in packing 3 kg other than leaf

38,63 %

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor teh teh hitam teh hijau
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top