Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DAMPAK BBM, Industri Kecil Mamin Mungkin Naikkan Harga 10%

BISNIS.COM, JAKARTA—Industri makanan dan minuman skala kecil berisiko menaikkan harga produk hingga 10% akibat dampak BBM bersubsidi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 Juni 2013  |  17:59 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Industri makanan dan minuman skala kecil berisiko menaikkan harga produk hingga 10% akibat dampak BBM bersubsidi.

Ketua Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman mengatakan sebagian besar industri skala kecil masih menggunakan BBM bersubsidi untuk aktivitas produksi.

“Berbeda dengan industri menengah dan besar yang telah menggunakan BBM harga internasional. Secara umum UKM menggunakan BBM bersubsidi mulai dari produksi sampai distribusi. Jadi, harga produk bisa naik 5%-10%,” kata Adhi, Senin (24/6/2013).

Dia menambahkan sektor ini juga tidak mempunyai daya tahan pasokan bahan baku yang memadai sehingga pembelian semakin intens. Terlebih, industri makanan dan minuman ini bergantung pada bahan baku segar.

Adhi mengharapkan pelaku usaha bahan baku segar tidak mengambil untung dengan menaikkan harga. Ini berisiko mempersulit pelaku usaha kecil. Selain itu, pelaku usaha kecil terkendala kenaikan harga LPG 3 kg dan 12 kg yang naik karena masalah distribusi.

“Begitu ada kenaikan, harga mereka langsung naik. Industri skala kecil dengan jumlah hampir 1 juta ini perlu mendapatkan insentif agar tetap bisa bertahan dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm bbm bersubsidi gapmmi adhi s. lukman
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top