Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPEC Pertahankan Kuota Produksi Minyak 30 Juta Barel/Hari

BISNIS.COM, WINA  - Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Jumat memutuskan untuk mempertahankan kuota produksi saat ini sebesar 30 juta barel per hari.Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh OPEC setelah pertemuan, pertumbuhan ekonomi

BISNIS.COM, WINA  - Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Jumat memutuskan untuk mempertahankan kuota produksi saat ini sebesar 30 juta barel per hari.
Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh OPEC setelah pertemuan, pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan meningkat dari 3,0% pada 2012 menjadi 3,2% pada 2013. Namun, hampir seluruhnya didorong oleh kawasan non-OECD (Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan).
"Secara umum, risiko penurunan ekonomi global, terutama di wilayah OECD, masih tak terkendali," demikian pernyataan yang dirilis Jumat atau Sabtu WIB (1/6/2013).
OPEC memperkirakan permintaan minyak dunia akan meningkat dari 88,9 juta barel per hari pada 2012 menjadi 89,7 juta barel per hari pada 2013, atau naik 800.000 barel.
Namun, pasokan non-OPEC diproyeksikan tumbuh 1,0 juta barel per hari, yang akan cukup untuk menutupi permintaan tambahan. Selain itu, tingkat persediaan OECD tetap cukup.
Oleh karena itu, meskipun secara musiman permintaan lebih tinggi, OPEC yakin pada semester kedua tahun ini bisa melihat "pelonggaran lebih lanjut" pada fundamental di pasar minyak.
Dengan melihat faktor-faktor tersebut, konferensi memutuskan bahwa negara-negara anggota diharapkan mematuhi pagu produksi yang ada 30,0 juta barel per hari.
Pada saat yang sama, OPEC juga sepakat bahwa negara-negara anggota akan, "jika diperlukan, mengambil langkah-langkah untuk memastikan keseimbangan pasar dan tingkat harga yang wajar bagi produsen dan konsumen." Saat ini, produksi minyak mentah OPEC mencapai 30,4 juta barel per hari, sekitar sepertiga dari konsumsi minyak global.
Menurut beberapa analis, dengan meningkatnya eksploitasi ladang minyak di Arctic oleh Kanada dan di laut dalam oleh Brazil, khususnya peningkatan produksi minyak serpih AS, impor minyak mentah akan berkurang.
Pengaruh minyak mentah OPEC di pasar dunia menurun. OPEC telah meningkatkan kekhawatirannya tentang penyesuaian produksi.
Pada masalah ini, Sekretaris Jenderal OPEC Abdalla Salem El-Badri mengatakan pada konferensi pers yang diadakan setelah pertemuan, bahwa OPEC telah melihat masalah ini dan telah mengumpulkan informasi yang relevan untuk penelitian. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Antara/Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper