Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAHAN INDUSTRI: Di Banten Lebih Terjangkau Ketimbang Jabobeka

BISNIS.COM, JAKARTA – Harga lahan industri di Provinsi Banten lebih terjangkau dibandingkan kawasan Jabobeka (Jakarta, Bogor, Bekasi dan Karawang)."Secara kumulatif ditemui bahwa kawasan industri Banten kini lebih atraktif karena harga lahan yang

BISNIS.COM, JAKARTA – Harga lahan industri di Provinsi Banten lebih terjangkau dibandingkan kawasan Jabobeka (Jakarta, Bogor, Bekasi dan Karawang).

"Secara kumulatif ditemui bahwa kawasan industri Banten kini lebih atraktif karena harga lahan yang masih terjangkau, ketersediaan lahan yang masih banyak di banding kawasan industry Jabobeka, serta kenaikan UMP [upah minimun provinsi] yang tidak setinggi UMP Jakarta," seperti dikutip dari hasil riset BI kuartal I/2013, Selasa (28/5/2013).

Berdasarkan hasil riset Bank Indonesia terhadap perkembangan properti komersial di wilayah Jabobeka dan Banten pada kuartal I/2013, rata-rata harga jual lahan industry tersebut mencapai Rp2.387.518/m2.

Secara rinci, harga jual lahan industri untuk wilayah Jakarta yakni Rp4.200.00/m2, sedangkan Bogor, Bekasi, Karawang harga jual rata-rata Rp2.035.808/m2.

Sementara itu harga jual lahan industri di Banten hanya  Rp1.274.562/m2.

Saat ini terdapat jumlah pasokan lahan industri di Jabobeka sebesar 6.771 hektar yang terdiri dari 5.518 hektar lahan jual, dan 1.253 hektar lahan sewa, dengan tingkat penjualan meningkat 1,53% dari kuartal IV/2012 menjadi 79,03%.

Adapunn jumlah pasokan lahan industri di Banten belum mengalami perubahan dibanding kuartal sebelumnya, yaitu seluas 5.418 hektar.  (ra)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper