Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAHAN INDUSTRI: Di Banten Lebih Terjangkau Ketimbang Jabobeka

BISNIS.COM, JAKARTA – Harga lahan industri di Provinsi Banten lebih terjangkau dibandingkan kawasan Jabobeka (Jakarta, Bogor, Bekasi dan Karawang)."Secara kumulatif ditemui bahwa kawasan industri Banten kini lebih atraktif karena harga lahan yang
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Mei 2013  |  16:05 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA – Harga lahan industri di Provinsi Banten lebih terjangkau dibandingkan kawasan Jabobeka (Jakarta, Bogor, Bekasi dan Karawang).

"Secara kumulatif ditemui bahwa kawasan industri Banten kini lebih atraktif karena harga lahan yang masih terjangkau, ketersediaan lahan yang masih banyak di banding kawasan industry Jabobeka, serta kenaikan UMP [upah minimun provinsi] yang tidak setinggi UMP Jakarta," seperti dikutip dari hasil riset BI kuartal I/2013, Selasa (28/5/2013).

Berdasarkan hasil riset Bank Indonesia terhadap perkembangan properti komersial di wilayah Jabobeka dan Banten pada kuartal I/2013, rata-rata harga jual lahan industry tersebut mencapai Rp2.387.518/m2.

Secara rinci, harga jual lahan industri untuk wilayah Jakarta yakni Rp4.200.00/m2, sedangkan Bogor, Bekasi, Karawang harga jual rata-rata Rp2.035.808/m2.

Sementara itu harga jual lahan industri di Banten hanya  Rp1.274.562/m2.

Saat ini terdapat jumlah pasokan lahan industri di Jabobeka sebesar 6.771 hektar yang terdiri dari 5.518 hektar lahan jual, dan 1.253 hektar lahan sewa, dengan tingkat penjualan meningkat 1,53% dari kuartal IV/2012 menjadi 79,03%.

Adapunn jumlah pasokan lahan industri di Banten belum mengalami perubahan dibanding kuartal sebelumnya, yaitu seluas 5.418 hektar.  (ra)






Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kawasan industri banten lahan industri harga lahan industri
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top