Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CHINA-INDONESIA: Resmikan Zona Perdagangan & Ekonomi Juni

BISNIS.COM BEIJING--Zona kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Indonesia (China-Indonesia Economic and Trade Cooperation Zone -CIETCZ) kawasan industri di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, akan diresmikan Juni 2013, kata Sekretaris Partai Komunis Provinsi
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 21 Mei 2013  |  01:02 WIB

BISNIS.COM BEIJING--Zona kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Indonesia (China-Indonesia Economic and Trade Cooperation Zone -CIETCZ) kawasan industri di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, akan diresmikan Juni 2013, kata Sekretaris Partai Komunis Provinsi Guangxi, China Peng Qinghua, Senin (20/5).

"Kerja sama ekonomi dan perdagangan China dan Indonesia terus meningkat, dan kami akan terus melakukan berbagai penjajakan untuk memperkuat kerja sama yang sudah terjalin baik," katanya saat menerima Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan, yang melakukan kunjungan ke Provinsi Guangxi, 18-20 Mei.

Peng Qinghua mengatakan "kami akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada Juni 2013 untuk menjajaki bebera peluang investasi di sana, sekaligus meresmikan China-Indonesia Economic and Trade Cooperation Zone, di Bekasi." Zona kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Indonesia di Cikarang, Bekasi itu, memiliki area seluas 500 hektare, namun dari jumlah itu hanya sekitar 120 hektare yang akan dibangun sebagai kawasan industri.

Ia menuturkan ekonomi Guangxi yang terletak di bagian selatan China memungkinkan wilayah ini mempunyai kelebihan transportasi darat dan laut, terutama dengan negara-negara Asean.

"Karena itu, untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dua digit, ke depan Guangxi akan terus memperkuat kerja sama dengan negara-negara Asean, khususnya Indonesia, sebagai negara terbesar di Asean," ujar Peng Qinghua.

Imron menegaskan hubungan bilateral antara RI-China saat ini sangat erat terlihat dari peningkatan tiga kali lipat volume perdagangan, investasi, dan pariwisata dari 2010-2012. (Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bekasi ri-china zona perdagangan ki delta mas
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top