Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUMAH: Lapisan Batu Marmer Digemari

BISNIS.COM, JAKARTA— Fasad, atau sisi luar sebuah bangunan, kian menjadi bagian pentingdalam pemberian nilai tambah sebuah rumah tinggal.
Bunga Citra Arum Nursyifani
Bunga Citra Arum Nursyifani - Bisnis.com 20 Mei 2013  |  16:54 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA— Fasad, atau sisi luar sebuah bangunan, kian menjadi bagian pentingdalam pemberian nilai tambah sebuah rumah tinggal.

Desain fasad dapatmencerminkan kepribadian si pemilik rumah sekaligus fungsi dariruangan terdepan rumah tersebut.

 Her Pramtama, Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI),mengatakan penggunaan fasad sebagai eksterior rumah tinggal tentunyatidak bisa sembarangan, harus harmonis secara desain dan tentunyafungsional.

"Sebagai contoh, jika ruangan terdepan rumah tersebut, yang bagianluarnya fasad, adalah ruang publik seperti ruang tamu atau keluarga,maka fasad yang sesuai adalah fasad transparan, alias banyakmenggunakan elemen kaca,” paparnya.

 Jika banyak elemen kaca, lanjutnya, maka ruangan terdepan tadi bisaterasa lebih lega dan sirkulasi udaranya lebih lancar.Jika rumah tinggal menghadap ke arah Timur, maka pemilik rumah bisamemanfaatkan fasad transparan ini untuk memasukkan sebanyak mungkinsinar matahari pagi ke dalam rumah.

Sebaliknya, jika ruangan terdepan yang terkena fasad berfungsi sebagaiarea privat seperti kamar tidur, sebaiknya menggunakan fasad yangtertutup dengan dominasi material batu-batu alam seperti marmer maupungranit.

Fasad yang tertutup ini juga cocok diterapkan pada rumah tinggal yangmenghadap ke arah matahari terbenam, karena tidak menyebabkansuhu ruangan meninggi dan mengurangi keinginan penghuni untukmenyalakan pendingin udara.

 Tren Modern Tropis

 Terkait dengan desain, menurut Her, tahun ini masih didominasi tipe modern-tropis.

 Tipe ini ditandai dengan aplikasi bebatuan alam,berkombinasi dengan warna natural seperti coklat kayu, danberpadu dengan elemen kaca untuk menampilkan sisi modernnya.

 “Seiring membaiknya tingkat ekonomi, sebenarnya konsumen cenderungingin membedakan tampilan eksterior rumahnya dari yang lain. Tapi,yang banyak digemari tahun ini masih gaya modern tropis dengan batu marmer atau granit,” terangnya.

Selain dari fungsi ruangan dan posisi rumah, desain fasad tadi jugaharus diharmoniskan dengan pemilihan warna pada genting, Jangansampai, warna dan gaya antara genting dan fasad tadi tidak serasi,karena bisa merusak tampilan eksterior rumah secara keseluruhan. (ltc)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah rei interior iai her pramtama
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top