GRAHA EXECUTIVE Akan Bangun Pabrik Semen di Balikpapan

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--PT Graha Executive berencana membangun pabrik semen berkapasitas 1,5 juta ton per tahun di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan dengan memanfaatkan bahan baku dari Kabupaten Penajam Paser Utara. Wali Kota Balikpapan Rizal
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 12 Mei 2013  |  15:08 WIB

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--PT Graha Executive berencana membangun pabrik semen berkapasitas 1,5 juta ton per tahun di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan dengan memanfaatkan bahan baku dari Kabupaten Penajam Paser Utara.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pembangunan pabrik tersebut akan menjamin ketersediaan semen yang masih sering mengalami kekurangan suplai ketika akhir tahun.

Dia menyebutkan pihak investor sudah mengkaji kelayakan pembangunan pabrik tersebut dan saat ini sedang mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan.

“Rencananya dibangun pabrik semen, bukan pengepakan, berkapasitas 1,5 juta ton per tahun atau sekitar 5.000 ton per hari,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (11/5/2013).

Dia mengatakan lokasi yang dipilih berada di KIK, mengingat wilayah tersebut sudah diproyeksikan sebagai daerah industri di Balikpapan.

Sebelumnya, juga telah ada pabrik pengepakan semen yang dibangun di KIK tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto menambahkan pasokan semen tersebut nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Balikpapan, tetapi juga seluruh Kaltim.

Selama ini, pasokan semen untuk kebutuhan semen masih kurang. Dari total kebutuhan sekitar 2,7 juta – 3 juta ton per tahun, hanya mampu terpenuhi 1,7 juta – 1,8 ton per tahun.

“Ini peluang yang coba ditangkap oleh Graha Executive sebagai investor yang akan membangun pabrik semen ini,” katanya.

Dia mengaku belum ada perkiraan investasi yang mungkin akan ditanamkan untuk membangun pabrik tersebut. Hanya saja, tenaga kerja yang diproyeksikan terserap melalui pabrik tersebut mencapai 500 tenaga kerja.

Dirinya berpendapat pembangunan pabrik tersebut juga akan mampu menekan angka inflasi yang sering terpengaruh oleh semen yang biasanya terjadi pada akhir tahun.

Adanya pabrik akan memerlancar suplai kebutuhan pada daerah yang membutuhkan.

Berdasarkan catatan Bisnis, sebelumnya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga telah menjajaki peluang untuk membangun pabrik di Kaltim.

Perusahaan pelat merah tersebut tahun ini sedang melakukan survei lapangan hingga 2014 untuk mencari lokasi pabrik yang sesuai.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Dwi Soetjipto ketika itu menyebutkan pembangunan pabrik paling lambat bisa direalisasikan pada 2015.

Namun, rencananya pabrik itu dibangun pada daerah yang memiliki cadangan bahan baku yang besar seperti Berau, Kutai Timur dan Paser.

Dwi menyebutkan ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk dapat membangun pabrik semen, yakni ketersediaan bahan baku yang cukup, infrastruktur yang memadai dan masyarakat yang mendukung.

Pabrik juga dipilih pada lokasi yang berdekatan dengan laut, agar memudahkan distribusi semen yang telah dihasilkan.

KIK yang lokasinya berada di Teluk Balikpapan, tentunya memenuhi syarat sebagai lokasi pembangunan pabrik semen. (wde)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
semen indonesia, Inflasi, balikpapan, wali kota balikpapan, pabrik semen, graha executive

Sumber : Rachmad Subiyanto/Siti Munawaroh

Editor : Wiwiek Endah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top