Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPOR IKAN HIAS: Potensi Indonesia Hingga Rp600 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Potensi ekspor ikan hias Indonesia mencapai sekitar Rp600 miliar. Untuk itu,  Indonesia  akan mengoptimalkan potensi itu dengan memperluas akses dan pemasaran di pasar internasional."Jadi, potensi ekspor ikan hias Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA--Potensi ekspor ikan hias Indonesia mencapai sekitar Rp600 miliar. Untuk itu,  Indonesia  akan mengoptimalkan potensi itu dengan memperluas akses dan pemasaran di pasar internasional.

"Jadi, potensi ekspor ikan hias Indonesia diperkirakan sekitar US$60 juta - US$65 juta (sekitar Rp600 miliar)," kata Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (23/4/2013).

Menurut Slamet, perkembangan produksi budi daya ikan hias Indonesia sebenarnya telah mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun.

Bahkan, ujar dia, untuk target 2012 yang dipatok KKP sebesar 850 juta, ternyata tercapai hingga 978 juta ekor atau 115,16%  dari target semula.

Ia juga mengingatkan Indonesia masih menduduki rangking kelima eksportir ikan hias dunia setelah Ceko, Thailand, Jepang, dan Singapura.

"Prospek bisnis ikan hias memang sangat menjanjikan. Apalagi ikan hias Indonesia memiliki keragaman baik bentuk tubuh dan warna yang indah sehingga dipercaya dapat mengurangi stres oleh para pencinta ikan hias," katanya.

Slamet juga mengatakan tingginya minat terhadap ikan hias Indonesia saat ini membuat semakin banyak pembudidaya ikan ataupun para pemasar yang mengusahakan ikan hias sebagai komoditas andalan.

Dirjen memaparkan potensi ikan hias Indonesia baik dari segi produksi maupun jenisnya tercatat sebanyak lebih dari 450 spesies dari total 1.100 spesies ikan hias air tawar di dunia. Sementara ikan hias air laut Indonesia memiliki lebih dari 700 jenis spesies.

Sebagaimana telah diberitakan, potensi budi daya ikan hias yang terdapat di Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar masih belum dimanfaatkan secara optimal karena hingga kini masih belum dapat menjadi eksportir terbesar di dunia.

"Perlu adanya kesatuan visi dan misi antara pemerintah, asosiasi dan pemangku kepentingan (stakeholder) ikan hias dalam mendukung industrialisasi ikan hias dan sekaligus menyusun satu strategi nasional dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar ikan hias pada tahun 2015," katanya.

Ia berpendapat salah satu upaya yang menunjukkan keseriusan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam mengembangkan ikan hias baik air tawar maupun air laut, diwujudkan melalui pengembangan kawasan Minapolitan ikan hias di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada 2011.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper