Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNDERPASS CIBUBUR: Siap beroperasi Agustus 2013

BISNIS.COM, JAKARTA--Underpass Cibubur siap beroperasi pada Agustus 2013, menyusul telah dilakukannya penggalian akhir dari proyek senilai Rp97,5 miliar itu.Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan dirinya sangat bangga atas pembangunan proyek

BISNIS.COM, JAKARTA--Underpass Cibubur siap beroperasi pada Agustus 2013, menyusul telah dilakukannya penggalian akhir dari proyek senilai Rp97,5 miliar itu.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan dirinya sangat bangga atas pembangunan proyek yang telah dimulai sejak 2011.

"Ini merupakan proyek yang besar dan sampai hari ini, proses break through [penggalian akhir] masih berjalan dengan baik," katanya, Minggu (21/4).

Menurutnya, pembangunan underpass Cibubur merupakan salah satu solusi untuk mengurai kemacetan dari Jakarta menuju Cikeas.

Sebelumnya, lanjutnya, sudah pernah dilakukan perbaikan jalan di arah jalan nasional Trans Yogie menjugu Bogor namun kurang efektif.

"Oleh karena itu, underpass ini diharapkan dapat mengurangi beban di depan Cibubur Junction sampai dengan 20%, sehingga dari Jakarta bisa langsung masuk ke akses tol Jagorawi," jelasnya.

Adapun proses fisik saat ini sudah mencapai 80%. Seperti yang diketahui proyek tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap yang dimulai pada 2011 hingga 2013 dengan sumber dana dari APBN.

Kontraktor yang turut serta dalam pembangunan proyek yang merupakan bagian dari Sistem Jaringan Jalan Nasional yakni PT Adhi Karya Tbk dan PT Brantas Abipraya.
 
Terowongan bawah tanah tersebut memiliki panjang 1.200 m, terdiri dari 93 m Box Underpass dan Jalan Akses Masuk dan Keluar sepanjang 1.006,88 m. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper