Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PEMKAB SUKOHARJO Prioritaskan Solar Untuk Petani

BISNIS.COM, SUKOHARJO --  Pemkab Sukoharjo berjanji  akan memberikan prioritas solar kepada petani meskipun stok di lapangan terbatas.
Endot Brilliantono
Endot Brilliantono - Bisnis.com 11 April 2013  |  09:36 WIB

BISNIS.COM, SUKOHARJO --  Pemkab Sukoharjo berjanji  akan memberikan prioritas solar kepada petani meskipun stok di lapangan terbatas.

Kepala Disperindag Sukoharjo, Sriyono mengatakan saat solar sulit di dapat di lapangan kami pihaknya berjanji memrioritaskan BBM itu solar ke petani karena mereka dinilai sebagai salah satu kelompok yang rentan kekurangan solar dan berdampak sosial luas.

“Kalau mereka sampai tidak bisa mengoperasikan traktor atau mesin tleser kasihan. Sebab padi yang mereka panen tidak bisa segera diselep [digiling],” ujarnya Rabu (10/4/2013).  

Padahal kalau cuaca tidak menentu seperti sekarang ini, bisa jadi padi yang tidak segera kering akan membusuk. Kalau dipaksa diselep, nanti beras akan patah sehingga menurunkan kualitas.

Kendati dia tak setuju keberadaan solar di Sukoharjo dikatakan langka, dia mengakui masyarakat kesulitan mencari solar. Hal itu terjadi karena pemerintah dinilai membatasi kuota solar bersubsidi di sejumlah SPBU di daerahnya.

Karena itu, Pemkab Sukoharjo  akan menanyakan persoalan tersebut ke Hiswana Migas dalam rapat yang akan digelar di Solo.  
Masyarakat Sukoharjo yang butuh solar dinilai cukup banyak.

Dia mengaku tak tahu secara persis berapa kebutuhan riil solar di Sukoharjo. Hal itu karena selama ini Pertamina dianggap tak pernah memberi laporan kepadanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solar subsidi pemkab sukoharjo

Sumber : Solopos/Iskandar

Editor : Endot Brilliantono
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top