Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALUR DARAT ASIA-AUSTRALIA: Asosiasi Pererat Kerja Sama antar Negara

BISNIS.COM, JAKARTA--Peningkatan kerja sama antarnegara di kawasan Asia dan Australia dalam hal pengembangan jalan menjadi sorotan dalam acara Road Engineering Association of Asia and Australasia (REAAA).Dalam acara yang berlangsung di Kuala Lumpur,

BISNIS.COM, JAKARTA--Peningkatan kerja sama antarnegara di kawasan Asia dan Australia dalam hal pengembangan jalan menjadi sorotan dalam acara Road Engineering Association of Asia and Australasia (REAAA).

Dalam acara yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada akhir bulan lalu tersebut, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak yang terpilih menjadi President REAAA ke 15, untuk council term 2013-2017menekankan upaya peningkatan kerja sama antarasosiasi jalan di kedua kawasan.

"Peningkatan kerjasama dapat berupa pengembangan jaringan teknologi jalan, jembatan, terowongan, transportasi maupun inovasi pembiayaannya berupa best practice, transfer teknologi, maupun pelayanan teknologi jalan yang sudah terbukti dalam mengatasi masalah yang sama di kawasan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya hari ini, Selasa (2/4/2013).

Dia menyampaikan keberadaan REAAA  bermanfaat bagi pengembangan jalan di Indonesia mengingat diperlukannya peningkatan implementasi teknologi sejalan dengan bertambahanya anggaran penyelenggaraan jalan.

Menurutnya kedua hal tersebut sangat berkorelasi sehingga pembangunan jalan akan lebih murah, efektif dan berkelanjutan.

Berbagai topik yang dibawa negara lain juga membahas sistem transportasi intelegen, keselamatan jalan, inovasi geoteknik dan perkerasan, model pembiayaan jalan, eco konstruksi maupun intermoda busway, truk, dan mobil.

REAAA merupakan suatu asosiasi pengembangan jalan Asia-Australasia yang didirikan pada Juni 1953, di mana Indonesia yang diwakili Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) menjadi anggota dari REAAA tersebut.

Dengan terpilihnya Hermato sebagai Presiden baru REAAA, diharapkan Indonesia dapat semakin berperan aktif dalam pengembangan jalan di kawasan Asia-Australasia.

Beberapa programnya yang dimiliki di antaranya Young Engineer Meeting, Conference, penerbitan Kompendium dan adanya Technical Committee yang membahas berbagai permasalahan teknis terkait penyelenggaraan jalan di kawasan Asia Australasia, serta kerjasama penyelenggaraan pertemuan teknik jalan dunia bersama PIARC (World Road Congress).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper