Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

USAHA KECIL MENENGAH: Inkowapi gelar bazaar produk UKM

JAKARTA: Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi) menyelenggarakan pameran dan bazaar produk kerajinan tangan, fashion, dan makanan hasil karya pengusaha usaha kecil mikro (UKM) di Thamrin City Jakarta.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 01 April 2013  |  02:48 WIB

JAKARTA: Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi) menyelenggarakan pameran dan bazaar produk kerajinan tangan, fashion, dan makanan hasil karya pengusaha usaha kecil mikro (UKM) di Thamrin City Jakarta.

Sedikitnya ada 50 UKM yang menggelar produk mereka dalam kegiatan bertema Produk Binaan BUMN Expo 2013, yang berlangsung 29 Maret-2 April 2013.

"Kami ingin mbantu pengusaha kecil memperkenalkan dan memasarkan produk mereka sekaligus mempromosikan barang-barang kerajinan khas Indonesia,” kata Sharmila, Ketua Umum Ikowapi, Minggu (31/3/2013) di Jakarta.

Dia mengatakan ekspo ini dilaksanakan bekerja sama dengan PT JAS dan Thamrin City, didukung oleh Kadin Indonesia, dan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Ada beragam produk yang ditampilkan, seperti miniature becak dan kapal pinisi berlapis perak yang ditata di dalam kaca, tas-tas dari rotan dan kulit, serta ransel dari bahan batik, sarung bantal kursi motif wayang dan batik, dan aneka produk fashion dan rumah tangga lainnya.

Para UKM sendiri ada yang datang dari kelompok binaan Kadin Yogyakarta, dari anggota Inkowapi, dan binaan Dekopin.

Sharmila menuturkan ekspo gabungan ini baru pertama kali diselenggarakan di Thamrin City.

"Rencananya digelar setiap tahun. Setidaknya bisa meningkatkan jaringan pemasaran produk anggota binaan,” ujarnya.

Proses pembinaan UKM ini dilakukan melalui fasilitas legalisasi, permodalan, pemasaran, pendidikan, dan pelatihan manajemen yang berbasis IT.

"Melalui pembinaan ini diharapkan ke depan akan terbangun komunitas para pengusaha mikro yang menjadi binaan BUMN, yang dapat bersaing dalam pasar lokal dan internasional," ujarnya. (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bazaar produk ukm inkowapi

Sumber : Rahmayulis Saleh

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top