Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK INDONESIA: Peningkatan Penduduk Kelas Menengah Topang Ekonomi

BISNIS.COM, LOMBOK - Bank Indonesia mencatat peningkatan jumlah penduduk segmen kelas menengah dalam 1 dekade terakhir signifikan menopang ekonomi nasional.Deputi Gubernur BI terpilih Perry Warjiyo mengatakan ekonomi Indonesia terus tumbuh karena peran

BISNIS.COM, LOMBOK - Bank Indonesia mencatat peningkatan jumlah penduduk segmen kelas menengah dalam 1 dekade terakhir signifikan menopang ekonomi nasional.

Deputi Gubernur BI terpilih Perry Warjiyo mengatakan ekonomi Indonesia terus tumbuh karena peran kelas menengah dan pola konsumsinya dalam 10 tahun terakhir.

"Ukuran konsumsi pasar segmen kelas menengah terus meningkat sehingga hal itu juga diperhatikan investor asing," katanya dalam Focus Group Discussion,Kamis (28/3/2013).

Segmen masyarakat kelas menengah didefinisikan  dalam klasifikasi ADB 2010  sebagai kelompok penduduk dengan tingkat pengeluaran konsumsi antara US$2 - US$20 per orang per hari.

Dari data buku Laporan Perekonomian Indonesia 2012 yang baru diluncurkan BI, per akhir 2010 tercatat 5 dari 10 penduduk Indonesia berada dalam kategori kelas menengah.

Konsumen kelas menengah Indonesia adalah tipr konsumen yang mau dan mampu membayar lebih untuk mendapatkan produk yang lebih bervariasi, berkualitas, dan bernilai tambah tinggi.

Konsumsi tinggi penduduk kelas menengah Indonesia dalam 10 tahun terakhir terlihat di porsi perumahan dan fasilitas rumah tangga yang naik hingga di atas 60%.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : fahmi achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper