Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELABUHAN MAUMERE: Perbaiki Layanan, Pelindo III Gandeng 3 Operator Pelayaran

BISNIS.COM,SURABAYA--PT Pelindo III menggandeng tiga operator pelayaran domestik guna meningkatkan kualitas kinerja pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Maumere.  Ketiga operator pelayaran itu adalah PT Meratus Line, PT Taruna Kusan Explosive, dan

BISNIS.COM,SURABAYA--PT Pelindo III menggandeng tiga operator pelayaran domestik guna meningkatkan kualitas kinerja pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Maumere.  

Ketiga operator pelayaran itu adalah PT Meratus Line, PT Taruna Kusan Explosive, dan PT Timur Asri Laut.

Direktur Operasi dan Teknik Pelindo III Faris Assagaf mengatakan kerjasama tersebut dijalin melihat pertumbuhan arus petikemas di pelabuhan tersebut semakin meningkat.

“Nantinya, ketiga pelayaran itu akan menyediakan fasilitas pendukung kegiatan bongkar muat petikemas,” ujarnya saat acara penandatanganan perjanjian kerja sama Pelindo III Cabang Maumere dan tiga perusahaan pelayaran, Rabu (27/3).

Dia menyebutkan dalam kerjasama tersebut Meratus Line akan menyiapkan satu unit trailer ukuran 20 feet, empat unit head truck, delapan unit chasis ukuran 20 feet, satu unit chasis ukuran 40 feet, satu unit forklift kapasitas 3 ton, dan satu unit reach stacker berkapasitas 45 ton.

Adapun Timur Asri Laut berkomitmen untuk menyediakan enam unit trailer ukuran 20 feet, satu unit head truck, tiga unit chasis ukuran 20 feet, satu unit forklift kapasitas 25 ton, dan satu unit forklift kapasitas 15 ton.

“Meratus dan Timur Asri Laut nantinya akan melakukan bongkar muat dari dan ke atas kapal dengan menggunakan crane kapal, karena kapal mereka dilengkapi fasilitas itu,” tambahnya.

Sementara itu, Taruna Kusan Explosive akan menyiapkan satu unit mobile crane kapasitas 80 ton, satu unit mobile crane kapasitas 50 ton, empat unit trailer ukuran 20 feet, dan satu unit forklift kapasitas 3 ton.

Pada kesempatan yang sama, Marine Operation Manager Meratus Line, Rindra Bagus Indrianto menyatakan kerjasama itu dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan untuk memperlancar proses kegiatan pelayanan petikemas di Pelabuhan Maumere.

Senior Manager Pemasaran Pelindo III Putut Sri Muljanto menambahkan dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat mendorong meningkatkan arus petikemas yang melalui Pelabuhan Maumere.  

“Dari yang hanya 58 TEU’s pada 2009, arus petikemas di Pelabuhan Maumere terus meningkat.  Pada 2010 kami mencatat arus petikemas sebanyak 5.786 TEU’s, pada 2011 sebanyan 10.178 TEU’s dan pada 2012 kemarin mencapai 15.739 TEU’s,” ungkapnya.

Perseroan pun menyatakan optimistis pada tahun tahun mendatang, jumlah arus petikemas yang melalui Pelabuhan Maumere akan semakin meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Gita A.Cakti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper