Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HATTA RAJASA: Ada 3 Pelajaran Dari Bawang Putih

  BISNIS.COM, JAKARTA—Menteri Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan terdapat 3 pelajaran yang bisa diambil dari fenomena kenaikan harga bawang putih yang terjadi belakangan ini.
Hedwi Prihatmoko
Hedwi Prihatmoko - Bisnis.com 21 Maret 2013  |  20:28 WIB

  BISNIS.COM, JAKARTA—Menteri Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan terdapat 3 pelajaran yang bisa diambil dari fenomena kenaikan harga bawang putih yang terjadi belakangan ini.

Ketiga pelajaran itu adalah pertama pentingnya aspek good governance dari pemerintah dalam menunjuk importir dan memberikan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH)

 “Siapa yang ditunjuk importirnya? Abal-abal tidak? Jumlah importirnya juga, kebanyakan atau tidak jumlahnya?” katanya di Kemenkeu, Kamis (21/3).

Kedua, pengawasan pendistribusian setelah izin impor diberikan. Menko mengatakan penghentian distribusi atau penumpukan setelah izin diberikan berisiko memberikan gejolak seperti yang telah terjadi.

Pelajaran terakhir, jelas Menko, adalah meningkatkan produksi dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor terhadap produk pangan. Ketergantungan terhadap impor, sambungnya, selalu menimbulkan distorsi dan sangat rentan terhadap manipulasi.

“Masalahnya produksi kita cuma [mampu memenuhi kebutuhan sebanyak] 5% untuk bawang putih, jadinya harus diimpor. Makanya, importirnya harus kredibel dan jangan abal-abal,” ungkapnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor hatta bawang bawangputih
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top