Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BAWANG IMPOR: 1.200 Ton Bawang Putih Ilegal Masuk Tanjung Priok

BISNIS.COM, JAKARTA—Hasil inspeksi mendadak oleh Komisi IV DPR RI dengan Balai Karantina Pelabuhan Tanjung Priok menemukan 40 kontainer bawang putih asal China yang diduga diselundupkan melalui pelabuhan Belawan, Medan.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 16 Maret 2013  |  21:31 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Hasil inspeksi mendadak oleh Komisi IV DPR RI dengan Balai Karantina Pelabuhan Tanjung Priok menemukan 40 kontainer bawang putih asal China yang diduga diselundupkan melalui pelabuhan Belawan, Medan.

Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Golkar Anthon Sihombing menyampaikan bahwa hari ini (16/03), pihaknya melakukan sidak bersama Balai Karantina Pelabuhan Tanjung Priok di tempat penimbunan sementara (TPS).

 “Dari hasil sidak ditemukan 40 kontainer atau 40 feet bawang putih segar dengan jumlah sekitar 1.200 ton yang didatangkan dari Belawan, Medan semenjak 12 Maret 2013 atas nama CVSumber Alam Rejeki,” ujarnya dalam pesan tertulis kepada Bisnis, Sabtu (16/03/2013) malam.

Menurutnya, bawang putih itu dalam posisi tersegel karantina Belawan yang katanya mempunyai izin sebagai importir produsen hortikultura, dan disinyalir pada waktu yang bersamaan kontainer yang lain juga berjalan melalui laut menuju TanjungPerak, Surabaya.

Selain itu, ungkapnya, berdasarkan informasi dari masyarakat pada 14 Maret 2013 juga telah didistribusikan bawang putih melalui jalur darat dengan jumlah sekitar 10 kontainer menuju Jakarta.

“Mereka disinyalir memakai trailer berplat nomor BK menuju Jakarta & dibongkar di pergudangan Muara Karang & barang tersebut juga dipasarkan ke Kramat Jati atau pasar induk sekitar,” paparnya.

Anthon meminata apabila bawang tersebut benar terjadi pelanggaran, tidak perlu mengacu lagi kepada aturan Permentan yang seharusnya dimusnahkan, tetapi lebih baik disita dan diberikan kepada rakyat yang membutuhkan.

“Sambil secara berbarengan PT terkait dikenakan sangsi berdasarkan permentan yang dilanggar & jika adanya dugaan pelanggaran yang mengarah ke pidana,wajib diserahkan kepada pihak kepolisian,” tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor bawang ilegal
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top