Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HATTA RAJASA: Pembatasan Impor Bawang Putih Tidak Tepat

BISNIS.COM,JAKARTA—Pemerintah tidak akan membiarkan upaya pengendalian impor komoditas pertanian mengganggu upaya pengendalian inflasi.   Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dalam pengendalian impor untuk program swasembada dan
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 13 Maret 2013  |  12:45 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA—Pemerintah tidak akan membiarkan upaya pengendalian impor komoditas pertanian mengganggu upaya pengendalian inflasi.  

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dalam pengendalian impor untuk program swasembada dan pemberdayaan petani pemerintah tetap memperhatikan keseimbangan suplai dan permintaan.

“Tidak salah kita melakukan pengendalian impor sepanjang tidak terjadi distorsi pada pasar, jika terjadi distorsi itu mengungkit harga, jika harga meningkat maka inflasi,” katanya di Kantor Presiden, Rabu (13/3).

Hatta menilai pembatasan impor untuk beberapa produk, termasuk bawang putih, tidak tepat karena tidak sesuai dengan kemampuan petani memenuhi permintaan pasar.
 
Dia menjelaskan pembatasan impor bawang putih mengganggu keseimbangan harga di pasar. Hal tersebut ditunjukkan oleh sumbangan kenaikan harga bawang putih pada inflasi Februari yang mencapai 0,21% dari tingkat inflasi sebesar 0,75%.    

Menko memaparkan telah meminta Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga tersebut.

“Ini harus kita atasi, hari ini ada bilateral antara Mentan dan Mendag. Setelah itu akan disampaikan kepada Menko Perekonomian untuk dibahas. Intinya pasokan pasar segera dipenuhi,” kata Hatta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor Inflasi hatta bawang

Sumber : Demis Rizky Gosta

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top