Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HARGA BAWANG: Naik 36%, Padagang Makanan Mulai Tertekan

BISNIS.COM, JAKARTA—Kenaikan harga bawang merah dan putih di sejumlah wilayah dinilai memberatkan penjual makanan dan lauk pauk. Pasalnya, dalam tempo dua hari harga bumbu utama masakan ini naik signifikan. Wati, salah satu penjual lauk pauk di
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Maret 2013  |  18:42 WIB


BISNIS.COM, JAKARTA—Kenaikan harga bawang merah dan putih di sejumlah wilayah dinilai memberatkan penjual makanan dan lauk pauk. Pasalnya, dalam tempo dua hari harga bumbu utama masakan ini naik signifikan.

Wati, salah satu penjual lauk pauk di Kelurahan Karet Tengsin mengaku terpaksa membeli bawang putih seharga Rp60.000 per kg dan bawang merah Rp50.000 per kg di Pasar Kalimati. Setiap hari dia menghabiskan masing-masing 1 kg untuk memasak.

"Mau tidak mau saya harus membayar segitu. Tidak mungkin saya mengurangi jumlah bawang merah dan putih dalam masakan. Keduanya sangat penting dalam memberikan rasa," kata Wati kepada Bisnis, Selasa (12/3/2013).

Dia menambahkan kenaikan ini mulai dirasakan selama seminggu terakhir. Biasanya harga bawang merah dan putih hanya berkisar Rp10.000 per kg. Kemungkinan hal ini disebabkan karena permainan tengkulak yang sengaja menahan stok barang.

Kementerian Perdagangan mengklaim kenaikan harga bawang putih terus meninggi selama sebulan terakhir menyusul penyusutan pasokan akibat produksi dalam negeri terganggu musim hujan dan pengurangan impor.

Sebelumnya diberitakan, harga rata-rata bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati selama Januari masih Rp19.036 per kg, lalu menanjak ke Rp25.964 per kg atau naik 36,39%. Sementara, selama satu pekan pertama Maret, harga rata-rata bawang putih di pasar hortikultura terbesar di DKI Jakarta itu, sudah mencapai Rp29.571 per kg atau naik 13,89% dari Februari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang merah kementerian perdagangan bawang putih pasar induk kramat jati
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top