Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BAWANG: Naik 36%, Padagang Makanan Mulai Tertekan

BISNIS.COM, JAKARTA—Kenaikan harga bawang merah dan putih di sejumlah wilayah dinilai memberatkan penjual makanan dan lauk pauk. Pasalnya, dalam tempo dua hari harga bumbu utama masakan ini naik signifikan. Wati, salah satu penjual lauk pauk di


BISNIS.COM, JAKARTA—Kenaikan harga bawang merah dan putih di sejumlah wilayah dinilai memberatkan penjual makanan dan lauk pauk. Pasalnya, dalam tempo dua hari harga bumbu utama masakan ini naik signifikan.

Wati, salah satu penjual lauk pauk di Kelurahan Karet Tengsin mengaku terpaksa membeli bawang putih seharga Rp60.000 per kg dan bawang merah Rp50.000 per kg di Pasar Kalimati. Setiap hari dia menghabiskan masing-masing 1 kg untuk memasak.

"Mau tidak mau saya harus membayar segitu. Tidak mungkin saya mengurangi jumlah bawang merah dan putih dalam masakan. Keduanya sangat penting dalam memberikan rasa," kata Wati kepada Bisnis, Selasa (12/3/2013).

Dia menambahkan kenaikan ini mulai dirasakan selama seminggu terakhir. Biasanya harga bawang merah dan putih hanya berkisar Rp10.000 per kg. Kemungkinan hal ini disebabkan karena permainan tengkulak yang sengaja menahan stok barang.

Kementerian Perdagangan mengklaim kenaikan harga bawang putih terus meninggi selama sebulan terakhir menyusul penyusutan pasokan akibat produksi dalam negeri terganggu musim hujan dan pengurangan impor.

Sebelumnya diberitakan, harga rata-rata bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati selama Januari masih Rp19.036 per kg, lalu menanjak ke Rp25.964 per kg atau naik 36,39%. Sementara, selama satu pekan pertama Maret, harga rata-rata bawang putih di pasar hortikultura terbesar di DKI Jakarta itu, sudah mencapai Rp29.571 per kg atau naik 13,89% dari Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper