Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL TRANS SUMATRA: Pemerintah dukung penuh Hutama Karya

JAKARTA--Pemerintah memastikan akan mendukung sepenuhnya pembangunan jalan tol trans sumatra yang sudah ditugaskan kepada PT Hutama Karya. Hutama Karya tidak hanya mengerjakan konstruksi tapi juga bertanggung jawab mengurus pembebasan lahan untuk tol

JAKARTA--Pemerintah memastikan akan mendukung sepenuhnya pembangunan jalan tol trans sumatra yang sudah ditugaskan kepada PT Hutama Karya.

Hutama Karya tidak hanya mengerjakan konstruksi tapi juga bertanggung jawab mengurus pembebasan lahan untuk tol sepanjang 2.700 kilometer saekaligus pengoperasiannya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan pemerintah memastikan tiga ruas dari keseluruhan 24 ruas tol trans sumatra akan digarap tahun ini.

Sementara ruas lainnya akan dikerjakan secara bertahap hingga tahun 2025. Ketiga ruas itu adalah Palembang-Indralaya, Medan-Binjai dan ruas Lampung.

"Internal rate of return (IRR)- nya tidak cukup dan diserahkan kepada Hutama Karya. Intinya jalan itu harus dibangun berapa pun kekurangannya akan didukung oleh pemerintah," ujar Djoko, Rabu (6/3/2013).

Menurutnya pembebasan lahan pasti akan mengalami sedikit hambatan, tetapi dengan diserahkan seluruhnya kepada Hutama Karya diharapkan proses pembebasan lahan itu lebih cepat selesai.

Tiga ruas yang akan digarap itu, menurutnya, merupakan prioritas. Pihaknya sudah membuat perhitungan besaran viability gab funding (VGF) untuk semua ruas tol trans sumatra.

"IRR itu antara 7%-17%," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Others
Sumber : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper