Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL TRANS SUMATRA: Pemerintah dukung penuh Hutama Karya

JAKARTA--Pemerintah memastikan akan mendukung sepenuhnya pembangunan jalan tol trans sumatra yang sudah ditugaskan kepada PT Hutama Karya. Hutama Karya tidak hanya mengerjakan konstruksi tapi juga bertanggung jawab mengurus pembebasan lahan untuk tol
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 06 Maret 2013  |  17:58 WIB

JAKARTA--Pemerintah memastikan akan mendukung sepenuhnya pembangunan jalan tol trans sumatra yang sudah ditugaskan kepada PT Hutama Karya.

Hutama Karya tidak hanya mengerjakan konstruksi tapi juga bertanggung jawab mengurus pembebasan lahan untuk tol sepanjang 2.700 kilometer saekaligus pengoperasiannya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan pemerintah memastikan tiga ruas dari keseluruhan 24 ruas tol trans sumatra akan digarap tahun ini.

Sementara ruas lainnya akan dikerjakan secara bertahap hingga tahun 2025. Ketiga ruas itu adalah Palembang-Indralaya, Medan-Binjai dan ruas Lampung.

"Internal rate of return (IRR)- nya tidak cukup dan diserahkan kepada Hutama Karya. Intinya jalan itu harus dibangun berapa pun kekurangannya akan didukung oleh pemerintah," ujar Djoko, Rabu (6/3/2013).

Menurutnya pembebasan lahan pasti akan mengalami sedikit hambatan, tetapi dengan diserahkan seluruhnya kepada Hutama Karya diharapkan proses pembebasan lahan itu lebih cepat selesai.

Tiga ruas yang akan digarap itu, menurutnya, merupakan prioritas. Pihaknya sudah membuat perhitungan besaran viability gab funding (VGF) untuk semua ruas tol trans sumatra.

"IRR itu antara 7%-17%," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol trans sumatra

Sumber : Thomas Mola

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top