Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERUSAHAAN GAS NEGARA: Pipa Cikande-Bitung tuntas Juli 2013

JAKARTA:  PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menargetkan penyelesaian pipa proyek Cikande-Bitung pada Juli 2013. Saat ini, pencapaian konstruksi sudah lebih dari 50 %. Vice President Corporate Communication PGN Ridha Ababil mengatakan proyek

JAKARTA:  PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menargetkan penyelesaian pipa proyek Cikande-Bitung pada Juli 2013. Saat ini, pencapaian konstruksi sudah lebih dari 50 %.
 
Vice President Corporate Communication PGN Ridha Ababil mengatakan proyek pipa Cikande-Bitung merupakan kelanjutan dari proyek pipa Bojonegara-Cikande. Adapun investasi pipa dari Bojonegara-Bitung sebesar Rp1,1 triliun.
 
"Rp1,1 triliun itu termasuk Bojenegara-Cikande," kata Ridha melalui pesan singkatnya, Selasa (22/1/2013).
 
Pipa Cikande-Bitung untuk mengalirkan gas ke jaringan distribusi Banten Timur melalui stasiun penerimaan Bitung 2 dan Bitung 3.
 
Jaringan terbentang sepanjang kira-kira 30 km dengan diameter pipa 24 inchi.

"Pipa untuk pembangunan jaringan disuplai dari PT KHI Pipe Industries yang dapat menahan tekanan sampai 720 psig," kata Djoko Saputro, Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN.
 
Adapun jaringan pipa tersebut dapat dioperasikan hingga tekanan operasi maksimum di 536 psig. Sementara, kapasitas maksimum yang dapat dialirkan jaringan pipa Bojonegara-Bitung adalah sebesar 216 MMscfd.

Dengan penyaluran melalui penerimaan Cikande dan Bitung sebesar 148 MMscfd dan penyaluran ke pipeline Bitung - Cimanggis sebesar 68 MMscfd.
 
Nantinya, jaringan akan langsung mengalir ke sistem distribusi Banten Timur yang telah terhubung ke sistem distribusi PGN di Jawa Barat meliputi area Banten-Jakarta-Bogor-Bekasi dan Karawang.

Setelah jalur Cikande - Bitung, jalur akan dikembangkan ke Cimanggis untuk memperkuat dan memperluas jaringan infrastruktur gas bumi.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper