Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UPAYA FISKAL DI PRIOK: Periodisasi Kurs Diubah Efektif Kurangi Kongesti Transaksi

JAKARTA-Perubahan waktu penetapan kurs untuk bea masuk dinilai efektif dalam mengurangi kongesti transaksi di awal minggu.
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  17:30 WIB

JAKARTA-Perubahan waktu penetapan kurs untuk bea masuk dinilai efektif dalam mengurangi kongesti transaksi di awal minggu.

Wakil Menteri PPN/ Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan langkah fiskal yang telah dilakukan untuk menurunkan dwelling time, yakni melalui perubahan waktu penetapan kurs nilai dasar perhitungan bea masuk (NDPBM).

Sejak 17 Oktober 2012, periodesasi penetapan kurs NDPBM diubah dari masa berlaku Senin sampai Minggu, menjadi Rabu sampai dengan Selasa.

"[Hasilnya] perubahan waktu penetapan kurs untuk bea masuk untuk mengurangi kongesti pelabuhan di awal minggu. Jumlah transaksi jadi lebih merata,” kata Lukita di kantor Pelindo II, hari ini (21/1).

Lukita memaparkan saat kurs berlaku untuk Senin hingga Minggu, transaksi dokumen pemberitahuan impor barang (PIB) di Bank Mandiri paling tinggi terjadi pada Senin, dengan persentase sebesar 25,4% dari total transaksi sepanjang minggu.

Saat periodisasi kurs diubah, lanjutnya, transaksi Senin turun menjadi 19,5% dan puncak transaksi terjadi pada Rabu menjadi 21,3% dari total transaksi mingguan. 

“Puncak transaksi dokumen PIB di Bank Mandiri bergeser dari Senin menjadi Rabu. Tapi hari Sabtu dan Minggu transaksi tetap rendah”.

Sepinya transaksi dokumen PIB pada akhir pekan belum sesuai dengan target pemerintah untuk mengoptimalisasi pelayanan pelabuhan Tanjung Priok menjadi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. (yus)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top