Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Izin EKSPORTIR TERDAFTAR produk tambang tuntas 5 hari

JAKARTA: Pemerintah menjanjikan izin eksportir terdaftar produk pertambangan akan selesai dalam 5 hari setelah persyaratan dokumen dinyatakan lengkap.Dedy Saleh, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, mengatakan berdasarkan
Diena Lestari
Diena Lestari - Bisnis.com 24 Mei 2012  |  19:59 WIB

JAKARTA: Pemerintah menjanjikan izin eksportir terdaftar produk pertambangan akan selesai dalam 5 hari setelah persyaratan dokumen dinyatakan lengkap.Dedy Saleh, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, mengatakan berdasarkan Permendag  No.29/M-DAG/PER/5/2012 tentang Ketentuan Ekspor Produk Pertambangan, ekspor mineral mentah hanya dapat dilakukan oleh eksportir terdaftar (ET) Produk Pertambangan yang dikeluarkan oleh Kemendag."Produk mineral masih bisa dieskpor, tapi setiap eksportirnya harus terdaftar di Kemendag. Syaratnya, harus dapat rekomendasi clear and clean dari ESDM," katanya dalam konferensi pers terkait bea keluar 65 mineral mentah, Kamis 24 Mei 2012.Dedy menjanjikan ET produk pertambangan dapat dikeluarkan dalam waktu relatif singkat, yakni 5 hari sejak seluruh data yang disyaratkan dipenuhi eksportir."Kemarin ada 15 permohonan untuk dapat status eksportir terdaftar, 5 sudah dikeluarkan. Kita harap eksportir segera mengajukan rekomendasi ke ESDM, dan Kemendag supaya bisa ekspor," katanya.Dedy juga memaparkan latar belakang Permendag yang mengatur tata niaga ekspor pertambangan ini.

 

Faktor pendorong beleid ini, kata Dedy, a.l. karena pemerintah menangkap indikasi ekspor besar-besaran produk tambang mineral dalam bentuk mentah pada periode 2010-2011."Ekspornya jor-joran, karena kita selama ini tidak atur tata niaga ekspor tambang ini," ujarnya. (ra)

 

SITE MAP:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top