Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA RITEL: Izin makin ketat, bisnis ritel Jabar melambat

BANDUNG: Pertumbuhan bisnis ritel di Jawa Barat mengalami pelambatan pada kuartal I/2012, pelambatan terjadi secara umum pada pembukaan outlet baru maupun penjualan produk.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Mei 2012  |  12:47 WIB

BANDUNG: Pertumbuhan bisnis ritel di Jawa Barat mengalami pelambatan pada kuartal I/2012, pelambatan terjadi secara umum pada pembukaan outlet baru maupun penjualan produk.

 

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Jawa Barat Hendri Hendarta mengatakan pertumbuhan bisnis ritel Jabar pada kuartal I/2012 tidak mencapai 10% yang artinya melambat (slow down) dibandingkan pertumbuhan tahun lalu pada kuartal I, yang mencapai 15%.

 

 “Pelambatan pertumbuhan bisnis ritel di Jabar disebabkan semakin ketatnya peraturan pemerintah tentang pembukaan outlet atau pertokoan modern, dan daya beli warga yang menurun,” ujarnya, Sabtu 19 Mei 2012.

 

Menyikapi peraturan pemerintah yang memperketat pendirian outlet baru Hendri mengungkapkan peritel kini mulai melirik beberapa daerah di Jabar yang belum memiliki peraturan terlalu ketat untuk pendirian outlet baru.

 

“Memasuki kuartal II/2012 kami pun berharap daya beli masyarakat dapat kembali normal karena mungkin pada kuartal I prioritas pengeluarannya dialihkan untuk kebutuhan lain seperti pendidikan dan lain-lain,” tuturnya.

 

Persaingan bisnis sesama peritel diakui Hendri turut berkontribusi dalam pelambatan pertumbuhan penjualan, karena masyarakat memiliki banyak alternatif pilihan produk yang mereka butuhkan.

 

Hendri menuturkan kondisi persaingan sesama peritel yang semakin ketat diharapkan dapat menjadi pemiciu pertumbuhan bisnis ritel di kuartal II/2012.

 

“Kami optimistis pertumbuhan bisnis ritel di kuartal II/2012 bisa dua digit.” ujarnya. (k3/Bsi)

 

 

TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

PILKADA DKI: Bekal BAJU KOTAK-KOTAK Buat JOKOWI

ARTIKEL LAINNYA:

ENGLISH NEWS:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bisnis Indonesia

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top