Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSPOR HORTIKULTURA: Alamanda siapkan 2 juta benih nanas

BANDUNG: PT Alamanda Sejati Utama bekerjasama dengan pusat pengkajikan hortikultura (PPHT) LPPM IPB untuk penyediaan 2 juta benih buah nanas jenis PK1, dengan nilai investasi sekitar Rp1 miliar.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Mei 2012  |  14:45 WIB

BANDUNG: PT Alamanda Sejati Utama bekerjasama dengan pusat pengkajikan hortikultura (PPHT) LPPM IPB untuk penyediaan 2 juta benih buah nanas jenis PK1, dengan nilai investasi sekitar Rp1 miliar.

 

Beat of Control Supply Chain Manager Alamanda Gan Megantara mengatakan pembenihan buah nanas dilakukan pada 2012-2013, dengan membuka lahan pertanian yang baru  untuk target ekspor nanas 5 tahun mendatang.

 

“Pembenihan dan pembukaan lahan perkebunan berlokasi di Jawa Timur untuk memenuhi permintaan buah nanas di Singapura dan negara Asean lainnya, dana investasi penyediaan benih nanas PK1 Alamanda telah menyiapkan dana sebesar Rp1 miliar” katanya, Minggu 13 Mei 2012.

 

Peneliti PKHT LPPM IPB, Kusuma Darma mengungkapkan kerjasama penyiapan benih nanas jenis PK1, kerjasama antar Alamanda dan PKHT LPPM IPB saat ini telah tersedia 1,5 juta benih.

 

Kusuma menuturkan mekanisme kerjasamanya PKHT menyiapkan pohon induk nanas, kemudian diperbanyak oleh lembaga mitra PKHT LPPM IPB, dan hasil benihnya dikembangkan oleh Alamanda.

 

“Buah nanas jenis PK1 cocok untuk dijadikan komoditas ekspor hortikultura, sebab nana jenis PK1 memiliki warna buah yang lebih kuning dan kandungan air buahnya lebih sedikit dibanding buah nanas biasa,” tuturnya. (k3/Bsi)

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Maman Abdurhaman

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top