Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELABUHAN PULAU BAI: Mulai layani kapal peti kemas ukuran besar

JAKARTA:  Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu akhirnya siap memberikan layanan kepelabuhan kelas internasional peti kemas setelah pertama kalinya pelabuhan tersebut akan kedatangan kapal peti kemas Musi River dengan panjang 115,5 meter dan berat bobot
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 09 Mei 2012  |  18:45 WIB

JAKARTA:  Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu akhirnya siap memberikan layanan kepelabuhan kelas internasional peti kemas setelah pertama kalinya pelabuhan tersebut akan kedatangan kapal peti kemas Musi River dengan panjang 115,5 meter dan berat bobot mati 5.014 GT.

 

Kapal peti kemas Musi River mulai melayani rute Jakarta-Bengkulu secara reguler. Sandarnya kapal ini menunjukkan kesiapan Pelabuhan Pulau Baai memberikan layanan kepelabuhanan kelas dunia.

 

“Pengembangan Pelabuhan Pulau Baai ini menjadi bagian dari misi kami untuk memberikan layanan pelabuhan kelas dunia di seluruh pelabuhan yang kami kelola,” ujar RJ Lino, Direktur Utama  PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dalam siaran pers, hari ini, Rabu, 9 Mei 2012.

 

Selain memiliki panjang 115,5 meter dan berat bobot mati 5.014 GT, Musi River juga membutuhkan draft kedalaman 5,35 meter untuk bersandar di pelabuhan tersebut.

 

Kapal Musi River akan membawa total sebanyak 86 bongkaran ke Pelabuhan Pulau Baai yang terdiri atas 80 box semen, 1 box mobil, dan 5 box sabun.

 

Pelabuhan Pulau Baai berada sekitar 20 km dari pusat kota Bengkulu dan memiliki wilayah penunjang potensi produk yang luas dengan potensi dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan agrobisnis, pertambangan dan industri.

 

Atas dasar itu, Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC cabang Bengkulu melakukan optimalisasi layanan pelabuhan, terutama fokus pada kelayakan fasilitas pelabuhan bagi kapal-kapal dengan bobot di atas 6.000 ton.  (ra)

 

BACA JUGA

>>IHSG Turun 52,01 Poin

>>Buyback Antam longsor Rp11.000/gram

>>Bakrie Upsize Ownership In Bumi Resources

10 Artikel Pilihan Bisnis.com

5 Kanal terpopuler Bisnis.com

 

 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top