Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia pasar potensial PERALATAN LABORATORIUM

JAKARTA: Pesatnya pertumbuhan industri nasional menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial bagi peralatan laboratorium.Sayangnya belum ada industri lokal yang mampu bersaing dengan produsen asing dalam memenuhi tingginya permintaan domestik.Freddy

JAKARTA: Pesatnya pertumbuhan industri nasional menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial bagi peralatan laboratorium.Sayangnya belum ada industri lokal yang mampu bersaing dengan produsen asing dalam memenuhi tingginya permintaan domestik.Freddy Permana Zen, Deputi Menteri Riset dan Teknologi Bidang Sumber Daya Iptek Kementerian Riset dan Teknologi, menilai Indonesia merupakan pasar alat laboratorium yang besar mengingat pesatnya pertumbuhan industri nasional."Buktinya banyak perusahaan-perusahaan alat laboratorium di Indonesia. Artinya laku di sini, kalau tidak laku kenapa mereka jual di sini," jelasnya pada acara Pameran LAB Indonesia 2012, Selasa 8 Mei 2012.Namun Freddy menyayangkan kebutuhan alat laboratorium nasional hampir seluruhnya masih mengandalkan pasokan dari luar negeri a.l. dari Singapura, Malaysia, dan Inggris.Untuk itu perlu didorong pengembangan produksi alat laboratorium di dalam negeri melalui penderhanaan ketentuan perpajakan, serta mengintensifkan riset dan pengembangan inovasi dengan menggandeng lembaga penelitian dan perguruan tinggi."Masalahnya saat ini adalah apakah Indonesia bisa memproduksi alat-alat laboratorium? Saya kira sangat kecil sekali. Buktinya tidak ada alat-alat laboratorium produk indonesia di pameran ini," katanya. (ra)

 

>BACA JUGA

Gardu listrik terbakar, kalangan industri rugi miliaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper