Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM CSR: Suparma alokasikan Rp1,5 miliar untuk lingkungan

SURABAYA: PT Suparma Tbk tahun ini mengalokasikan dana senilai Rp1,5 miliar untuk program kepedulian sosial (corporate social responsibility/CSR), yang difokuskan terhadap kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat sekitar

SURABAYA: PT Suparma Tbk tahun ini mengalokasikan dana senilai Rp1,5 miliar untuk program kepedulian sosial (corporate social responsibility/CSR), yang difokuskan terhadap kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat sekitar pabrik.Dana CSR sebesar itu merupakan penyisihan 5% dari laba bersih perusahaan kertas tersebut pada 2011 yang terealisasi Rp33 miliar. Sementara pelaksanaan berbagai kegiatan kepedulian masyarakat melibatkan pihak ketiga (instansi pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat).“Kami telah melaksanakan program CSR sejak lama, tetapi pengalokasian dana 5% dari laba bersih terselenggara mulai 2010. Nilai untuk program tersebut tahun ini Rp1,5 miliar,” ujar Hendro Luhur, Direktur PT Suparma Tbk, di sela-sela kegiatan donor darah bagi karyawan perusahaan itu, hari ini (Senin 23 April 2012).Dia mengatakan kegiatan donor darah itu diikuti 100 karyawan, dimana penyelenggaraannya melibatkan PMI Kota Surabaya. Donor darah merupakan bagian dari rangkaian CSR PT Suparma pekan ini yang terdiri dari penanaman 1.000 bibit pohon dan pengobatan gratis bagi 400 warga di sekitar pabrik perusahaan itu di Kelurahan Warugunung, Kota Surabaya.Beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha mikro bagi warga setempat juga telah disiapkan oleh manajemen Suparma berupa pembuatan bataco dan tempat telur. Produk tersebut memanfaatkan limbah pabrik kertas milik perusahaan tersebut yakni sisa pembakaran batu bara dan sisa kertas.Selain itu, Suparma akan memberikan modal bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk memulai usaha sendiri, di mana penyeleksiannya dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur dan dosen-dosen dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.Menurut Hendro, dana yang digunakan untuk pemberdayaan sosial dan lingkungan hidup tahun ini Rp1,5 miliar disisihkan dari laba pada 2011 senilai Rp33 miliar. Dana yang dialokasikan pada tahun lalu juga sama nilainya.“Kami melaksanakan program CSR bukan sekedar meningkatkan citra perusahaan, tapi untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar pabrik. Bapepam juga mempersyaratkan pencantuman kegiatan CSR dalam annual report,” paparnya.PT Suparma Tbk memproduksi aneka kertas meliputi tissue, pembungkus dan duplex/karton, dengan kapasitas 190.000 ton per tahun. Total karyawannya sebanyak 1.300 orang yang bekerja 3 shift. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Adam A. Chevny

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper