Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Family Food dari Gresik, Jawa Timur memenangkan penghargaan Partisara Utama 2011 setelah menyisihkan enam nominator lainnya pada puncak pemberian penghargaan kepada UKM berprestasi di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan (Jumat, 25 November 2011).
 
Family Food, produsen makanan olahan berbasis hasil laut terpilih menjadi usaha kecil menengah (UKM) terbaik versi Kementerian Koperasi dan UKM karena memenuhi tujuh kriteria yang menjadi basis penilaian dewan juri.
 
Ketujuh kriteria tersebut komoditas yang dihasilkan memiliki nilai tambah, berdaya saing, produktivitas tinggi, kualitas kerja, penyerapan tenaga kerja, dampak sosial, inovatif dan kreativitas.
 
Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan menyerahkan langsung piala Partisara Utama kepada Ririn S.P sebagai pemilik Family Food bersama piagam penghargaan. Termasuk kepada seluruh nominator lainnya.
 
"Hari ini telah terbukti kualitas yang dimiliki usaha skala UKM bisa diandalkan. Kami akan terus memberi motivasi kepada UKM untuk terus meningkatkan kualitas kerjanya," ujar Sjarifuddin Hasan seusai acara penyerahan piala dan penghargaan.
 
Dia meminta kepada jajarannya agar melanjutkan acara penganugerahan ini secara rutin setiap tahun.  Jika perlu, acaranya dilakukan bergantian ke provinsi yang memiliki potensi menyelenggarakan Partisara Utama.
 
Ririn SP, Bos  Family Food,  menjelaskan banyak ragam manakan siap saji yang ditawarkan kepada konsumen. Makanan seperti somay dan jenis lainnya diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet dan zat pewarna. Namun, bisa bertahan hingga setahun.
 
"Meski demikian, makanan siap saji yang kami hasilkan biasanya habis hanya dalam jangka enam bulan. Kami mendirikan usaha ini sejak 2007 serta mempekerjakan sekitar 28 karyawan," ujar alumni Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah tersebut.
 
Berbagai jenis makanan siap saji yang dihasilkan Family Food, sebagian dipsarkan melalui perusahaan ritel nasional, dan bisabertahan setahun tanpa mengurangi kelezatan apabila disimpan dalam suhu di bawah 18 derajat Celsius.
 
Adapun pemenang kedua hingga keempat adalah Chocodot dari Garut, Jabar (industri kreatif coklat), Arung Buana Food dari Paolopo, Sulsel (dodol durian), Kopmir Karsa dari Kendal, Jateng (olahan ikan bandeng).  
Pemenang harapan masing-masing Bagus Agriseta dari Batu, Jatim (pengolahan buah dan sayur), Ramayana Agro Industri dari Batu, Jatim (olahan buah-uahan), dan Deva dari Sleman, Yogyakarta (industri roti dan makanan khas). (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper