Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Indonesia diklaim tetap menjadi negara terbesar sebagai produsen, pemasar suku cadang, hingga penyedia layanan purna jual untuk produk sepeda motor di Asia Tenggara dalam dasawarsa terakhir.
 
Data Asean Automotive Federation (AAF) menyebutkan penjualan sepeda motor di pasar domestik Indonesia pada Januari–September 2011 mencapai 6,22 juta unit dengan total produksi sebanyak 6,15 juta unit. 
 
Jika selama ini Thailand selalu unggul dalam penjualan dan produksi kendaraan roda empat atau lebih di pasar Asean, di industri sepeda motor Thailand hanya berada di urutan kedua dengan membukukan produksi sebesar 1,78 juta unit pada periode itu. 
 
Sementara itu, penjualan motor yang dibukukan Negeri Gajah Putih itu hanya sekitar 1,63 juta unit dengan total penjualan suku cadang mencapai Rp14,75 triliun. 
 
Selebihnya, negara-negara lain seperti Malaysia, Filipina dan Singapura pada periode itu hanya mencatatkan produksi dan penjualan rerata di bawah 550.000 unit dengan total omzet suku cadang  rerata di bawah Rp10 triliun.
 
Tak berbeda jauh dengan AAF, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyatakan total penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6,22 juta unit pada 9 bulan pertama 2011. 
 
Total penjualan itu sudah termasuk yang dibukukan pada September sebesar 722.299 unit, tumbuh 6% dibandingkan dengan penjualan Agustus sebanyak 681.329 unit. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper