Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri otomotif RI diminta tak panik soal banjir Thailand

JAKARTA: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta industri otomotif tak panik atas bencana banjir di Thailand yang dikhawatirkan dapat mengganggu arus pasokan suku cadang vital bagi produksi mobil baru di Indonesia.Ketua Umum

JAKARTA: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta industri otomotif tak panik atas bencana banjir di Thailand yang dikhawatirkan dapat mengganggu arus pasokan suku cadang vital bagi produksi mobil baru di Indonesia.Ketua Umum Gaikindo Sudirman M. Rusdi mengatakan sampai hari ini dampak negatif yang dikhawatirkan kalagan agen tunggal pemegang merek (ATPM) di dalam negeri seperti terganggunya produksi dan penjualan tidak terbukti.Beberapa pabrik perakitan besar di Indonesia bahkan masih melangsungkan kegiatan produksi mereka secara normal.“Dampak terganggunya produksi [akibat keterbatasan pasokan komponen] impor komponen dan CBU dan CKD [mobil utuh dan terurai] belum terlihat. Sejumlah pabrik perakitan kita masih melangsungkan kegiatan secara normal. Jadi dampak negatif tersebut tak perlu buru-buru dicemaskan,” katanya kepada Bisnis hari ini.Saat ini, ujarnya, Gaikindo meminta beberapa anggotanya di Thailand melakukan investigasi baik secara teknis maupun nonteknis terhadap sejumlah kerusakan infrastruktur pabrik perakitan dan sektor komponen yang biasa memasok kebutuhan bagi aktivitas produksi mobil di Indonesia.Jika telah selesai, hasil investigasi tersebut akan menjadi pegangan Gaikindo dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan kalangan ATPM untuk mereduksi dampak negatif tersebut.“Sejumlah komponen penting seperti gasket dan electrical parts masih kita impor. Nah, apakah akan ada gangguan pasok pascabanjir Thailand? Gaikindo masih menginvestigasinya. Namun, untuk produksi Daihatsu di Indonesia masih berjalan normal,” jelasnya.(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper