Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BANDA ACEH: Pemerintah Amerika Serikat meresmikan penggunaan jalan raya sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Banda Aceh dan Calang hari ini.
 
Pekerjaan jalan tersebut selesai pembangunannya selama 6 tahun oleh dukungan USAID senilai US$282 juta.
 
Peresmian infrastruktur baru ini ditandai dengan dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon oleh Dubes AS Scot Marciel dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Jembatan Lambeuso, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, yang diiringi musik seurune kale.
 
Dubes AS menyatakan dengan selesainya pembangunan jalan yang hancur akibat bencana gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 akan memudahkan masyarakat Aceh untuk meningkatkan perekonomian.
 
“Dengan selesainya jalan yang merupakan sumbangan rakyat Amerika mudah-mudahan akan bisa membantu kemajuan perekonomian Aceh,” katanya di depan sekitar 200-an pejabat dan undangan yang hadir pada acara seremonial itu.
 
Sedangkan, Gubernur Irwandi menyampaikan terima kasih yang tak terhingga dari masyarakat Aceh atas bantuan pemerintah dan rakyat Amerika yang telah membangun kembali jalan antara Banda Aceh dan Calang.
 
“Kita patut berbangga karena kualitas jalan bebas hambatan yang dibangun oleh USAID ini sama dengan jalan di Amerika Serikat. Jalan ini punya kualitas di atas jalan nasional di Indonesia,” katanya.
 
Di sisi lain, Irwandi mengkritisi perilaku sebagian warga yang membiarkan ternak berkeliaran di jalan raya itu. 
 
“Jalan ini bebas hambatan dalam tanda petik karena masih berfungsi sebagai kandang sapi. Sepanjang jalan masih ditemui sapi-sapi di badan jalan,” katanya. (arh)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Zulkarnaini Muchtar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper