Pejabat PNP2TKI dirombak

JAKARTA: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat melantik 40 pejabat baru di lingkungan badan nasional tersebut.
Ria Indhryani
Ria Indhryani - Bisnis.com 27 Desember 2010  |  10:42 WIB

JAKARTA: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat melantik 40 pejabat baru di lingkungan badan nasional tersebut.

Di antara ke-40 pejabat yang berasal dari berbagai instansi terkait itu, sebanyak 25 orang mengalami mutasi (perpindahan tempat) dan 14 orang lainnya naik pangkat (promosi).Promosi dan mutasi saat ini merupakan proses panjang hasil dari pengamatan dan penilaian dari badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan [Baperjakat], ujar Jumhur saat melantik pejabat-pejabat itu, hari ini.Dia memperkenalkan pejabat baru yang dilantik setingkat eselon II di antaranya Agastya Hari Marsono, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM kini menggantikan Direktur Pelayanan Dokumen BNP2TKI Sri Kuncoro yang mendapat promosi dari Kemenhum dan HAM.Menurut Jumhur, kinerja BNP2TKI mendatang tergantung pada sejauh mana kekuatan lembaga yang baru dibentuk ini terhadap Revisi UU No.39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.Dia mengingatkan agar para pejabat badan nasional ini sebaiknya melakukan loby yang intensif dengan kalangan legislatif agar harapan lembaga ini menjadi lembaga yang kuat dan solid dalam mengemban tugas.Koordinasi BNP2TKI tergantung pada kekuatan birokrasi, apalagi para pejabatnya merupakan bagian dari lembaga dan instansi pemerintah lainnya, sehingga birokrasi tidak boleh terombang-ambing, tegasnya.Jumhur juga berharap kepada pejabat baru dari Kemenhum dan HAM agar segera melakukan upaya perbaikan sistemik terkait layanan dokumen TKI, karena selama ini banyak terjadi pemalsuan dokumen calon. (mfm)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top